Keren, Ada Ban Mobil Anti Kempis dan Kebal Peluru Rancangan TNI

Ban anti kempis dan kebal tembakan buatan TNI AD
Sumber :
  • Screenshot Youtube TNI AD

VIVA – Ban yang dipasang pada mobil memiliki peran untuk mendukung kenyamanan dan keamanan, saat melaju di jalan raya. Untuk menopang bobot kendaraan dan nantinya berputar sempurna, karet bundar diisi tekanan angin dalam ukuran tertentu.

Jenderal Maruli Ungkap Isi Pertemuan dengan AHY

Tentu saja ban yang diisi oleh tekanan angin itu, memiliki risiko ban pecah ketika pemuaian terjadi akibat mobil dipakai melaju. Selain itu, karet juga bisa sobek jika kendaraan tak sengaja menginjak paku, maupun benda tajam di jalanan yang dilewati.

Risiko yang bisa terjadi dengan ban saat kendaraan melaju itu, membuat tim teknis Poltekad Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) membuat inovasi. Inovasi itu berupa rancangan ban mobil anti kempis, bahkan anti peluru.

Tinggalkan Kostrad, Brigjen Spesialis Operasi TNI Ditarik Jadi Waasop Jenderal Maruli

Wujud ban tersebut, bahkan dipublikasikan lewat channel Youtube TNI AD. Video memperlihatkan, ban anti kempis dan kebal tembakan yang dirancang oleh tim teknis Poltekad dipasang pada mobil pikap kabin ganda, dan dipakai melaju.

Baca juga: Sudah Tahu Belum, Ini Lho Bedanya Pajero dan Pajero Sport

Dimutasi Panglima, Mayjen Naudi Pecah Rekor Komandan Dewa Perang TNI Melesat Jadi Pangdam Sriwijaya

Perwira Teknis 2 Poltekad, Letda ARM Farid Hendro mengatakan, saat ini mobilitas prajurit di TNI rata-rata menggunakan kendaraan bermotor, dan dihadapkan pada kelemahan ban menggunakan angin. Ini berpotensi menganggu mobilitas prajurit yang mengawaki kendaraannya.

"Kami mempunyai ide untuk membuat sebuah ban yang nantinya saat digunakan itu tidak bisa bocor atau pecah. Sehingga pada saat kendaraan itu dipakai di medan pertempuran, walaupun kena tembakan musuh maka masih bisa digunakan," ujarnya dalam video yang dikutip VIVA Otomotif, Selasa 4 Agustus 2020.

Dalam tayangan video tersebut, terlihat ban anti kempis dan kebal tembakan itu dipasang pada kendaraan medis TNI ADA, berjenis pikap kabin ganda. Ban dibuat menyatu dengan pelek yang dirancang khusus, dan dipasang memakai lima baut di dudukan rodanya.

Tak hanya sekadar dipasang, mobil yang memakai ban tersebut dibawa melaju di berbagai medan jalan, mulai dari yang rata, bebatuan kasar, sampai melindas barisan paku. Hasilnya, dari gambar ban terlihat tidak kempis atau berubah tekananannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya