Sudah Meluncur di India, Mobil Baru Kia Bakal Dijual Juga di RI?

KIA Sonet penantang Honda HR-V
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Kendaraan jenis sport utility vehicle alias SUV kini menjadi pilihan banyak konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran, produsen otomotif terus mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.

Mobil Bergaransi 7 Tahun Ini Laku Banyak di Indonesia

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Kia Motors, yang untuk pertama kalinya meluncurkan mobil bernama Sonet di India. Kendaraan baru itu,  akan melengkapi jajaran produk di segmen SUV, terutama di segmen pemula.

Dari tampilannya, Kia Sonet ternyata terinspirasi dari seekor anak gajah. Mobil ini mempertahankan bahas desain produk otomotif asal Korea Selatan itu, dengan memakai grille 'Tiger Nose' yang memiliki pola anak tangga salah satu arsitektur kuno di negara asalnya.

Mobil Baru Ini Bakal Jadi Rival Xpander Cross

Masuk ke dalam interior Sonet, akan terlihat nuansa mewah yang dikombinasikan kesan sporty. Memantapkan perjalanan penggunanya, disematkan kayar berukuran 10,2 inci lengkap dengan speaker Bose.

Baca juga: Dijual Setara Rp686 Juta, Toyota Fortuner Kini Bertabur Fitur Canggih

Harga Menarik, Ini Spesifikasi Lengkap Kia Sonet 7 Seater

Lahir sebagai compact SUV, membuat mobil ini tak perlu kapasitas mesin besar. Pembelinya, bisa memilih kapasitas mesin mulai dari 1.000cc dengan turbocharger, 1.200cc, serta 1.500cc diesel untuk penggemar SUV diesel.

Lantas, adakah rencana Kia untuk juga resmi meluncurkan mobil Sonet di Indonesia? Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha, Ario Soerjo mengatakan, pihaknya terus mempelajari kemungkinan untuk menjual SUV compact terbaru itu di Indonesia.

"Kami sedang mempelajari semua kemungkinan mengenai Sonet, mulai dari harganya, lalu potensi dan kebutuhan pasarnya juga kami lihat," ujarnya kepada VIVA Otomotif, Minggu 9 Agustus 2020.

Terkait Kia Sonet yang sempat tepergok diuji jalan di Indonesia, Ario tak menampik hal tersebut. Meski demikian, dia enggan memberi komentar lebih detail soal pengujian dan alasan pabrikan otomotif Korea Selatan itu memilih jalanan di Indonesia sebagai lokasi pengujian.

"Soal uji jalan memang dilakukan. Tapi maaf, saya enggak diposisi bisa memberi komentar lebih lanjut," tuturnya.

Diketahui Kia Sonet akan segera masuk daftar kendaraan yang dipajang di India, dalam waktu dekat. Terkait harga, mobil ini disebut-sebut akan dilabeli harga mulai dari 700 ribu Rupee atau setara Rp137 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya