Orang Indonesia Tak Tertarik Mobil DP Murah

Ilustrasi membeli mobil bekas
Sumber :
  • Mobil88

VIVA – Banyak cara dilakukan oleh diler kendaraan, untuk memikat konsumen agar mau membeli produk yang mereka tawarkan. Mulai dari iming-iming bonus aksesori, hingga cicilan ringan apabila melakukan pembayaran dengan sistem kredit.

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Selain angsuran yang ramah di kantong, ada juga tenaga penjual yang memberikan pilihan uang muka atau down paymet rendah. Hal ini sangat menguntungkan konsumen, karena mereka tidak perlu menyiapkan banyak dana untuk bisa memiliki kendaraan impian.

Khusus untuk beberapa model, konsumen juga bisa menebusnya dengan harga di bawah banderol resmi. Biasanya, unit yang mendapat diskon adalah rakitan tahun sebelumnya, atau sisa stok yang harus cepat dihabiskan oleh pihak diler.

Viral Warga Desa di Muara Jambi Jadi Orang Kaya Baru, Pamer Mobil Mewah Depan Rumah

Dari tiga promo tersebut, menurut Senior Tech and Telco Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, konsumen di Indonesia kurang menyukai DP rendah.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Google Indonesia, 38 persen responden memilih untuk membeli kendaraan yang mendapat potongan harga. Urutan berikutnya adalah mencari unit yang paling banyak diberikan bonus aksesori oleh diler, yakni sebanyak 30 persen.

Cara Ampuh Agar Lising Setuju saat Mengajukan Kredit Mobil Baru

Sementara, mereka yang membeli mobil dengan berpatokan pada DP rendah hanya sebanyak 29 persen saja. Lalu, diikuti dengan jumlah responden yang memilih cicilan ringan, yaitu sebanyak 25 persen.

Meski demikian, Yudistira mengaku bahwa masih banyak responden yang memutuskan untuk menunda pembelian mobil baru. Alasannya, daya beli mereka sat ini sedang menurun.

“Banyak yang bilang, kalau mereka itu masih mau menunggu sampai situasinya membaik. Dan 38 persen mengaku belum tahu kapan belinya, cuma berencana mau membeli mobil,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 14 Agustus 2020.

Baca juga: Selain Gaji ke-13, PNS Juga Dapat Promo Beli Motor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya