'Kendaraan Pak Tani' Buatan Indonesia Dikirim ke Afrika

Produk AMMDes mulai diekspor ke Afrika
Sumber :
  • dok. PT KMWI

VIVA – Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) awalnya dikonsepkan untuk membantu masyarakat di pedesaan, terutama mereka yang bertani dan berkebun ketika melakukan pengolahan hasil panennya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Meski demikian produk tersebut terus dikembangkan, bahkan kini bukan hanya dipasarkan di dalam negeri. Ya alat mekanis itu menjadi produk ekspor. Hal ini sudah dibuktikan dengan eskpor yang dilakukan ke Nigeria, di Afrika Barat.

Untuk tahap awal, produk AMMDes yang diminati oleh konsumen di sana, yakni Paddy Husker (Pengupas Padi), Cassava Grinder (Penepung Singkong), dan Garri Processor (Pengolah Garri). Nantinya, ekspor produk-produk tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Pengiriman AMMDes hasil karya PT Kreasi Mandi Wintor Indonesia (KMWI) tersebut, dilakukan oleh PT Senantiasa Makmur (SM) melalui PT Repindo Jagad Raya (RPR). Seremoni ekspor dilakukan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mobil Mewah Baru Kia yang Setara Alphard, Bakal Masuk Indonesia

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Direktur Utama RPR, Ritha Ermuliana mengatakan, diekspornya produk AMMDes menjadi bukti bahwa produk hasil karya anak bangsa, diminati dan layak dipasarkan di luar negeri.AMMDes yang kini dibuat menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya

"Terlebih dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, KMW-AMMDes semakin dibutuhkan di sektor pertanian dan perkebunan berskala besar,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA Otomotif, Jumat 28 Agustus 2020.

Salah satu unit AMMDes yang diekspor itu disebut sebagai produk Garri Processor. Nantinya alat mekanis ini akan dipakai untuk pengolahan Garri, yang merupakan makanan pokok di Nigeria terbuat dari singkong.

Selain untuk alat pengolahan Singkong, PT KMWI diketahui terus melakukan pengembangan untuk produk AMMDes, mulai dari dijadikan ambulans, sampai yang memanfaatkan motor listrik sebagai jantung penggeraknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya