Esemka Belum Jelas, Vietnam Sudah Bikin Mobil SUV Rp2,9 Miliar

Vinfast President
Sumber :
  • Vinfast

VIVA – Esemka dikabarkan siap melakukan proses produksi dan peluncuran mobil baru pada tahun ini. Kendaraan yang masuk dalam kategori sport utility vehicle itu akan mengusung nama Esemka Garuda 2.0.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Berdasarkan data Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 101 tahun 2019, diketahui nilai Esemka Garuda adalah Rp219 jutaan.

Namun, pada Permendagri nomor 8 tahun 2020 tentang NJKB, disebutkan bahwa nilai Esemka Garuda menjadi Rp278 jutaan. Artinya, ada kenaikan harga sekitar Rp59 juta.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Sayangnya, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pabrikan yang memiliki pabrik di Boyolali, Jawa Tengah itu. Baik soal waktu peluncuran, maupun harganya.

Baca juga: Kerennya Generasi Terbaru Toyota Starlet

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Sementara, pabrikan otomotif Vinfast asal Vietnam baru saja mengenalkan SUV terbaru mereka yang diberi nama Vinfast President. Dilansir VIVA Otomotif dari Paultan, Selasa 8 September 2020, mobil tersebut diproduksi dalam jumlah terbatas.

Dibuat dengan basis dari Lux SA2.0, Vinfast President hanya akan dijual sebanyak 500 unit saja. Harganya sangat mahal, yakni 4,6 miliar Dong atau setara Rp2,9 miliar. Sebanyak 100 konsumen pertama bisa memiliki mobil tersebut dengan harga 3,8 miliar Dong, atau senilai Rp2,4 miliar.

Dengan uang sebanyak itu, konsumen akan mendapatkan mobil yang mengusung mesin delapan silinder berkapasitas 6.200cc. Tenaganya 420 daya kuda dan torsi 624 Newton meter.

Mobil ini diklaim lebih mewah dan nyaman dari BMW X7. Pembeli bisa memesan satu dari 18 warna yang disediakan, dan mereka akan mendapatkan interior layaknya mobil mahal yang biasa diproduksi oleh pabrikan asal Jerman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya