Mobil Masa Depan Ini Siap Dijual di Indonesia, Harganya Bikin Kaget

Hyundai Kona Electric
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube

VIVA – Banyak kepala negara di dunia sepakat, bahwa di masa depan jalanan akan dipenuhi oleh kendaraan listrik. Semakin menipisnya cadangan minyak serta polusi yang dihasilkan, membuat kendaraan yang digerakkan oleh mesin konvensional dianggap tak layak untuk dipakai dalam jangka waktu lama.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Indonesia menjadi salah satu negara, yang aktif menambah jumlah kendaraan listrik selama beberapa tahun ke depan. Berbagai langkah sudah dirancang, mulai dari terbitnya Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan kendaraan listrik hingga pembebasan bea balik nama.

Para produsen menyambut gembira langkah tersebut. Mereka kini tak lagi ragu memboyong produk berteknologi canggih untuk dikenalkan dan dipasarkan di Tanah Air. Salah satunya, pabrikan Hyundai asal Korea Selatan.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Saat ini, salah satu dari mobil buatan Hyundai yang ramah lingkungan sudah mulai digunakan untuk keperluan komersial, yakni Hyundai Ioniq. Untuk keperluan ini, mereka bekerja sama dengan Grab Indonesia.

Baca juga: Esemka Belum Jelas, Vietnam Sudah Bikin Mobil SUV Rp2,9 Miliar

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Namun ternyata, Hyundai memiliki satu mobil lagi yang juga dibekali dengan teknologi masa depan, yakni Kona Electric Vehicle.

Wujud mobil ini ditunjukkan melalui presentasi Kementerian Perhubungan, saat acara webinar yang diselenggarakan oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbal melalui YouTube.

Dikutip VIVA Otomotif Selasa 8 September 2020, mobil tersebut memiliki tenaga maksimal 98 daya kuda dan torsi 395 Newton meter. Kecepatan puncaknya mencapai 155 kilometer per jam.

Meski Nilai Jual Kendaraan Bermotor Kona Electric belum ada di Kementerian Dalam Negeri, namun dari data Kemenhub diketahui bahwa mobil tersebut ditawarkan dengan banderol Rp674,8 juta, dengan status on the road Jakarta. Sebagai informasi, versi mesin bensinnya sudah dijual tahun lalu dengan harga Rp398 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya