Toyota Yaris Paling Baru Diuji Tabrak, Begini Jadinya

Toyota Yaris terbaru ketika diuji tabrak.
Sumber :
  • dok. EuroNCAP

VIVA –Tak hanya pengujian internal dari pabrikan, kendaraan harus diuji lagi oleh badan sertifikasi tertentu, untuk memastikan kualitasnya sesuai dengan regulasi yang berlaku. Salah satunya harus dilakukan uji tabrak.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Proses uji tabrak seperti diberlakukan untuk kendaraan yang dijual Eropa. Dalam kegiatan itu, mobil sengaja ditabrakan ke obyek tertentu dari depan, samping, dan sisi lainnya, untuk memastikan kendaraan memiliki kemampuan untuk melindungi pengemudi dan penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Jika semua proses telah dilalui, nantinya produk kendaraan tersebut akan diberi penilaian sesuai dengan hasil ujiannya. Jika mendapat bintang lima, artinya mobil  bisa memberikan perlindungan dengan sempurna saat dikemudikan di jalanan.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Melansir dari Carscoops, Sabtu 19 September 2020, Toyota Yaris generasi keempat menjadi mobil pertama yang berhasil lulus dengan nilai sempurna, usai mengikuti program uji tabrak dengan standar Euro NCAP 2020 terbaru.

Baca juga: Dua Mobil Daihatsu Tempati Tahta LCGC Terlaris di RI

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Diketahui fasilitas uji telah diubah dari model sebelumnya, yang digunakan sejak 1997. Mobil ini mendapat penilaian baik karena bisa mencegah cedera berat akibat tabrakan jarak jauh, serta lulus juga dari uji benturan frontal dan uji benturan samping.

Keberhasilan ini, tak lepas dari berbagai fitur keselamatan terbaru Toyota yang disematkan di dalamnya. Salah satunya, menghentikan kendaraan otomatis saat berbelok untuk menghindari tabrakan.

Selain itu, Yaris disebut bisa lolos dari uji tabrakan frontal karena dimensinya yang mungil, dan desain depannya yang tak kaku. Dengan demikian, mampu mengurangi risiko cederan saat menabrak pejalan kaki, atau pengguna jalan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya