Booming Mobil SUV Kompak, Mana yang Terbaik?

Tiga CUV baru yang meluncur di awal 2015
Sumber :
  • Carscoops

VIVAnews - Beberapa minggu belakangan ini dunia otomotif dipenuhi dengan beberapa produk baru segmen Crossover Utility Vehicle (CUV), yaitu mobil serbaguna yang panjangnya kurang dari 4,3 meter. Setidaknya, ada tiga perusahaan yang meluncurkan CUV di 2014 ini, yaitu Honda, Fiat dan Mazda.

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Dilansir dari situs Carscoops Selasa 25 November 2014, Honda mengganti desain lawas HR-V yang berbentuk kotak menjadi lebih bulat dan moderen. HR-V terbaru ini mengusung konsep desain yang sama dengan seri CR-V, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil.

Interior HR-V juga yang paling praktis di antara ketiganya, di mana posisi mengemudi dan peletakan tombol cukup ergonomis, meski tidak senyaman Honda Jazz. Susunan tombol dan bentuk panel HR-V adalah yang paling enak dilihat, di mana semuanya terlihat serasi satu sama lain.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Sementara itu, Fiat 500X mengambil konsep desain dari seri city car Fiat 500. Yang menarik dari mobil buatan Italia ini adalah permainan warna interiornya yang membuat suasana menjadi lebih segar, tidak seperti Honda yang memilih konsep konservatif untuk interior HR-V.

CX-3 adalah andalan Mazda di kelas CUV yang desain luarnya terinspirasi dari Mazda CX-5. Desain eksterior CX-3 adalah yang paling sporty di antara tiga mobil ini, sedangkan HR-V condong ke penampilan elegan dan 500X tetap mengandalkan tampilan klasiknya.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Interior CX-3 diambil dari seri city car Mazda2, namun dengan beberapa penambahan fitur seperti layar LCD di bagian tengah dasbor dan Head Up Display (HUD).

Untuk mesin, hanya 500X yang menawarkan pilihan lebih dari satu mesin. Honda HR-V menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc, sedangkan Mazda CX-3 hanya tersedia mesin 2.000cc.

Ketiga mobil ini baru akan resmi dijual di Amerika Serikat awal 2015 mendatang, dengan harga yang hingga kini masih dirahasiakan.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya