'Megacar' Swedia Kembali Pecahkan Rekor Sirkuit

Koenigsegg One:1
Sumber :
  • Motorauthority.com

VIVA.co.id - Sejak pertama kali diperkenalkan Maret 2014 di Geneva Motor Show, Koenigsegg One:1 hingga kini sudah berhasil memecahkan banyak rekor dunia.

Michael Phelps Samai Rekor Olimpiade Ribuan Tahun Lalu

Terakhir, mobil yang dirancang oleh perusahaan asal Swedia tersebut berhasil mengukir rekor baru untuk akselerasi mobil dari nol hingga 300 kilometer per jam, dan kemudian kembali ke nol lagi, yaitu 17,95 detik. Dan yang unik dari upaya tersebut, akselerasi dilakukan dengan tangan hampir tidak menyentuh kemudi mobil.

Kini, seperti yang dilansir dari Autoevolution, Rabu 22 Juli 2015, pemilik Koenigsegg, Christian von Koenigsegg, berencana memecahkan rekor dunia kembali. Rekor yang hendak dipecahkan kali ini adalah rekor catatan waktu mengelilingi Sirkuit Spa-Francorchamps, yang berada di Belgia.

Ini Mobil yang Cocok Diisi Pertamax Turbo

Dalam upaya pemecahan rekor yang dilakukan beberapa hari lalu tersebut, One:1 berhasil mengukir waktu dua menit 32,14 detik untuk mengelilingi sirkuit. Angka tersebut lebih cepat satu menit ketimbang rekor sebelumnya.

Sayangnya, saat mereka hendak mencoba kembali, pihak sirkuit mengatakan bahwa suara yang dihasilkan knalpot One:1 terlalu bising, melampaui ambang batas yang ditentukan untuk sirkuit tersebut.

Porsche Rongsok Ini Dijual Rp2,5 Miliar

Oleh karena itu, mobil yang memiliki tenaga sebesar 1.341 daya kuda tersebut tidak boleh lagi melintas di sirkuit, untuk selamanya. Namun, oleh beberapa pihak, larangan tersebut diduga bagian dari konspirasi untuk menjatuhkan Koenigsegg.

Hal itu dikarenakan banyak produsen otomotif yang terancam namanya, karena rekor yang mereka ukir dengan produk unggulan berhasil dipatahkan dengan mudah oleh One:1.

Sekadar informasi, beberapa waktu lalu, Koenigsegg gagal mengukir rekor baru di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Kala itu, alasan dari pihak sirkuit adalah mereka baru saja memberlakukan aturan baru mengenai pembatasan kecepatan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya