Avanza, Xenia, dan Ertiga Terbaru, Mana Lebih Kece?

Bocoran Toyota Avanza 2015
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Sejumlah pabrikan di Tanah Air berjanji akan meluncurkan produk terbaru pada bulan ini. Peluncuran sedianya akan dilakukan pada perhelatan Gaikindo Indonesia Internartional Auto Show (GIIAS) 2015, yang digelar di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Meski tercatat ada beberapa mobil yang meluncur, jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) lah yang ditunggu masyarakat. Mobil keluarga memang sejauh ini digandrungi karena kabinnya yang lapang, harga terjangkau, dan irit dalam hal konsumsi bahan bakar.

Berdasarkan data yang dihimpun VIVA.co.id, sedikitnya sudah ada tiga mobil keluarga mengkonfirmasi akan meluncur di ajang GIIAS 2015.

Kebuasan Mobil yang Ditunggu-tunggu Tahun Ini

Mobil-mobil itu dikenal sebagai kendaraan sejuta umat karena telah dimiliki banyak penduduk Indonesia. Mobil-mobil yang dimaksud merupakan edisi penyegaran dari tampilan sebelumnya.

1. Grand New Avanza


Begini Jadinya Jika Mobil Van Angkut Sapi

Grand New Avanza merupakan mobil yang ditunggu kehadirannya oleh masyarakat. Maklum saja, di tengah gempuran banyaknya mobil baru yang meluncur, Avanza kini dianggap hadir dengan model usang dan rada ketinggalan zaman.

Tak heran kemudian Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran menyeluruh terhadap mobil sejuta umat ini.

Berdasarkan keterangan dari seorang sumber VIVA.co.id, Toyota Avanza terbaru akan mendapat upgrade eksterior di bagian depan seperti grille lebih besar dan bumper depan yang dipertegas.

Selain itu, lampu-lampunya akan hadir dengan kesan sipit, yang hampir 'menyatu' dengan grille. Sementara itu, bagian samping tetap identik dengan model yang ada saat ini.

Bicara bagian belakang, laporan menunjukkan penyegaran akan berkutat pada taillamps dengan reflektor baru terhubung pada kedua ujungnya dengan krom bar yang besar. Interiornya, diperkirakan sebagian besar akan sama dengan model saat ini, kecuali sejumlah peralatan dan upgrade kecil pada desain.

Pada varian paling tinggi, akan hadir kantung udara (airbag) depan ganda, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), sistem musik 2-DIN dengan AUX dan USB, dan tilt-adjustable steering.

Avanza facelift 2015 juga akan mendapatkan varian mesin 1.300 cc pada tipe Veloz. Namun untuk tipe Avanza Veloz 1.500 tetap dipertahankan sebagai varian tertinggi.

2. Great New Xenia
Mau Beli Mobil Baru? Baca Dulu Pedoman Ini


Tak hanya Avanza, kembarannya Daihatsu Xenia terbaru pun kini siap membuka selubungnya. Namanya kini berubah menjadi Great New Xenia.

Dalam keterangan Daihatsu di media berbagi video Youtube, mobil yang menjadi salah satu primadona di Indonesia ini akan meluncur bersamaan dengan saudara kembarnya, Avanza, pada 20 Agustus 2015 mendatang. Namun, sumber anonim menyebut jika soft launching akan dilakukan pada 12 Agustus 2015 mendatang.

Tak hanya memaparkan nama terbarunya, namun juga memperlihatkan sejumlah penyegaran baik pada bagian eksterior dan interiornya.

Daihatsu juga mengklaim jika performa Xenia anyar yang diklaim lebih gesit dan irit berkat dibenamkannya mesin terbaru. Menariknya, untuk tipe tertinggi dari Xenia ini juga telah disematkan lampu DRL yang posisinya berdekatan dengan lampu kabut.

Bicara spesifikasi mesin, Great New Xenia tidak lagi menggunakan mesin K3-VE DOHC VVT-i melainkan mesin 1NR 1.300cc DOHC Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence).

Alhasil, jika model lama tenaga yang dikeluarkan hanya 91 Ps pada 6.000 rpm, maka untuk Xenia terbaru bisa menghasilkan tenaga hingga 97 Ps pada 6.000 rpm, dan torsi dari 12 kgm pada 4.400 rpm menjadi 22 kgm pada 4.200 rpm.

Daihatsu beralasan tetap mempertahankan Dual VVT-I karena sistem pengaturannya bisa mengoptimalkan suplai bahan bakar dan udara pada intake. Serta pengeluaran emisi pada exhaust yang diatur secara optimal oleh ECU melalui penyesuaian pada pedal gas sehingga dapat menghasilkan tenaga yang maksimal pada setiap putaran mesin.

Sedangkan keiritan mobil ini diketahui berkat Electronic Throttle System dimana sistem ini yang mengatur kerja pedal gas dari sensor melalui ECU sehingga suplai bahan bakar disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Berdasarkan tes konsumsi Daihatsu, jika dibandingkan model lama peningkatan penggunaan Electronic Throttle System bisa lebih baik sebanyak 15 persen.

3. Ertiga terbaru

Mobil keluarga Suzuki Ertiga edisi terbaru rencananya dalam waktu dekat akan diperkenalkan di Indonesia. Langkah ini diambil Suzuki karena kepungan kompetitor yang juga telah dan siap menghadirkan berbagai model terbaru.

Maruti Ertiga facelift rendering IAB

Menurut salah seorang sumber Suzuki, Ertiga minor change atau perubahan ringan dimungkinkan akan hadir di Indonesia pada Agustus ini. Lakon debut sedianya akan dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di BSD, Serpong, Tangerang Selatan, 20-30 Agustus 2015 mendatang.

Banyak pihak yang telah memata-matai model penyegaran itu di Indonesia. Sejumlah spyshot bahkan telah ramai bertebaran di jagad maya. Beberapa rendering pun juga muncul untuk melihat seberapa menarik Ertiga terbaru dengan perubahan ringan ini.

Dilaporkan, perubahan yang akan dialaminya yakni tiga bilah krom di sektor grille, rumah fog lamp yang direvisi dengan unsur krom, serta warna cat eksterior dan desain velg-nya yang berubah.

Mesinnya masih akan memakai mesin BBT bensin 1.4 liter K-Series yang dapat menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 130 Nm. Mesin ini dipasangkan transmisi pilihan manual lima percepatan dan otomatis empat-percepatan.

Transmisi bisa manual-bisa otomatis yang telah dibekali pada Wagon R dikabarkan juga akan dilakukan sebagai pengembangan Suzuki untuk pada tahap selanjutnya.

Maruti Ertiga Limited Edition live image cabin

Di bagian interior, sepertinya masih identik dengan model sebelumnya, meskipun kabarnya Suzuki akan menambahkan sistem infotainment SmartPlay sebagai perlengkapan opsional. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya