Proton Tepis Anggapan Mobil Nasional Tak Bisa Bersaing

Presiden Joko Widodo Jokowi tinjau pabrik Proton Malaysia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Udden Abdul

VIVA.co.id - Di tengah pasar otomotif nasional yang tengah gandrung pada brand otomotif asal Jepang. Ternyata lain halnya dengan pasar otomotif di negeri tetangga, Malaysia. Ya, di negeri Jiran, merek lokal seperti Proton dan juga Perodua justru menjadi primadona.

Dilansir Paultan, Selasa, 27 Oktober 2015, berdasarkan data yang dikeluarkan Malaysia Automotive Association (MAA), Perodua yang merupakan perusahaan otomotif lokal Malaysia yang memproduksi dan mendistribusikan produk-produk Daihatsu justru berada di urutan pertama dengan perolehan 157.527 unit.

Dijual Rp80 Jutaan, Mobil Buatan Indonesia Terbilang Murah

Sedangkan Proton berhasil menduduki peringkat kedua dengan total penjualan mencapai 78.836 unit. Sementara merek otomotif yang merajai pasar Indonesia justru berada di bawah dua merek tersebut, seperti Honda sebanyak 66.411 unit, lalu Toyota yang mencapai 62.097 unit dan Nissan tercatat 34.759 unit.

Tentu saja, hadirnya mobil nasional yang kerap dianggap tak mampu bersaing dengan brand luar, dapat ditepis pemerintah Malaysia. Karena, Proton yang menjadi mobil nasional masih bisa bertahan hingga sejauh ini.

Selain itu, adanya mobil nasional Proton di Malaysia, Indonesia seharusnya bisa bercermin, dan mencomot sisi positif serta kiat-kiat sukses yang ditorehkan negeri tetangga tersebut.

Pasalnya, sejak Proton berdiri pada 1983 yang kala itu diinisiatif Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, Proton bukan lah perusahaan otomotif yang langsung berdiri tegak dengan sendirinya.

Melainkan, perusahaan ini awalnya menggunakan teknologi dari perusahaan Jepang, yaitu Mitsubishi. Dan kini merekapun mengembangkan teknologinya sendiri, tanpa embel-embel bayangan Mitsubihsi.

Hingga mampu berdiri seperti saat ini, bukan perkara mudah. Mahathir Mohamad memang telah merencakananya adanya mobil nasioanl sejak dirinya menjadi deputi Perdana Menteri Malaysia pada 1979.

Dan akhirnya, pada 1982, proyek mobil nasional Malaysia disetuji dan secara resmi Proton didirikan pada 7 mei 1983.

Belum sampai disitu, pada 1996, guna diakui brand lokal rasa International, Proton yang mencapai produksinya ke sejuta unit juga mengakuisisi saham dari Grup Lotus.

Dan saat ini, Proton memang telah dijual di sejumlah negara di dunia mulai di negerinya sendiri, Malaysia, lalu Indonesia, Singapura, Brunai Darussalam dan kawasan Asia Tenggara lainnya, hingga berekspansi ke daratan Eropa dan Australia.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Sudah sejauh mana perkembangan mobil nasional yang dibuat anak bangsa?

Indonesia sendiri memang memiliki beberapa mobil yang merupakan hasil karya anak negeri, seperti salah satunya Esemka dan Komodo. Namun hingga saat ini Esemka yang awal kehadirannya tak lepas dari peran Walikota Solo, Joko Widodo, justru sirna ketika sang Walikota menjadi Presiden RI.

Miris, Nasib Mobil Off-road Buatan Indonesia

Orang nomor satu yang juga sempat menjadi Gubernur DKI Jakarta itu rupanya tak pernah lagi membahas Esemka. Ia seakan lupa jika popularitasnya didongkrak dengan mobil buatan Solo ini.

Sedangkan Komodo, perusahaan yang berdiri sendiri di Cimahi, Jawa Barat ini sebenarnya telah diincar beberapa negara untuk dibeli dan dicomot teknologinya. Namun kehadiran Komodo sendiri rupanya tak pernah disentuh oleh campur tangan pemerintah.

Komodo, Mobil Off-road Buatan Indonesia yang Dijual Murah

Hal itu juga dibenarkan President Director PT FIN Komodo Teknologi, Ibnu Susilo, dalam beberapa kesempatan. "Jika pemerintah hanya mendorong produsen otomotif asing untuk buka pabrik di sini (Indonesia) itu tidak akan menjawab persoalan. Kita tidak akan pernah punya mobil nasional," kata Ibnu kepada VIVA.co.id.

Tentu ini menjadi pemandangan yang miris terlebih saat Malaysia yang notabenenya masih serumpun mampu menghidupkan mobil nasionalnya meski harus lewat jalan panjang.

Mobil Komodo versi pemadam kebakaran

Pemerintah Tak Sepenuh Hati Dukung Mobil Nasional?

Ia sangat mengharapkan motivasi dan dukungan dari pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2016