Mobil Hybrid di Indonesia Masih Sangat Mahal, Kenapa?

Nissan X-Trail Hybrid.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Herdi Muhardi
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secar resmi menjual mobil berteknologi hybrid di Indonesia. Mobil yang menggabungkan mesin bensin dan litsrik ini disematkan pada SUV (Sport Utility Vehicle) andalanya mereka, Nissan X-Trail.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Namun sayang, meski tergolong canggih, mobil ini disebut dijual lebih mahal, karena dibanderol Rp625 juta dengan
Nissan-Datsun Perluas Jaringan hingga Aceh
status on the road Jakarta. Namun Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT NMI menegaskan Nissan X-Trail hybrid dijual lebih murah dibandingkan mobil hybrid lainnya.


Hanya saja Budi tak menampik bahwa untuk pasar otomotif Indonesia, mobil hybrid memang terbilang masih sangat mahal. Mobil hybrid, lanjut dia masih dianggap pemerintah sebagai mobil mewah.


"Jadi, mereka merasa tidak perlu diberi insentif. Sedangkan kita menganggap ini mobil ramah lingkungan," kata Budi, Kamis 5 November 2015.


Budi pun menyatakan, di Indonesia, keberadaan mobil hybrid harus disertai beberapa pajak bea muask dan PPnBM yang cukup memberatkan, yakni mencapai 10 persen.


Budi pun membandingkan kebijakan pemerintah Indonesia dengan negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia yang memberikan insentif bea masuk nol persen, serta pajak barang mewah antara nol sampai lima persen.


Dengan demikian, Budi berharap untuk penjualan mobil hybrid dibutuhkan peran pemerintah. Pasalnya mobil jenis ini merupakan mobil ramah lingkungan. Dengan ringannya biaya yang dibebankan ke perusahaan mobil, banyak pabrikan otomotif mempercayakan Thailand sebagai basis produksi mobil hybrid.


"Sementara jika di Malaysia, mereka memberi kemudahan untuk impor mobil hybrid ke negaranya. Namun (syaratnya) setelah beberapa tahun, Malaysia meminta pabrikan untuk memproduksinya di sana," ungkap Budi.


Budi menuturkan, intensif mobil hybrid atau pun listrik saat ini telah diberikan pemerintah-pemerintah sejumlah negara di Eropa. Dengan memberikan intensif, maka pemerintah telah melakukan salah satu cara menanggulangi polusi udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya