Nissan Yakin SUV Jadi Tren Tahun Depan

Nissan X-Trail Hybrid.
Sumber :
  • Dok: Nissan Motor Indonesia

VIVA.co.id - Industri otomotif yang semakin berkembang, membuat perubahan tren mobil terjadi setiap tahunnya. Adanya berbagai pilihan segmen mobil, tentu saja memberikan warna dalam persaingan pasar otomotif Tanah Air.

Nissan-Datsun Perluas Jaringan hingga Aceh

Hal menarik juga terlihat dari penjualan otomotif nasional pada semester I 2015. Terlihat, mobil bertubuh bongsor seperti halnya segmen Sport Utility Vehicle (SUV) mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama semester I, penjualan segmen low SUV yang rata-rata mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc, meningkat dari 28.285 unit pada 2014 menjadi 39.485 unit di 2015.

Isuzu Akan Pertahankan Desain Kotak

Hal yang sama juga terjadi pada segmen medium SUV, jika tahun lalu penjualannya hanya 28.108 unit pada semester I, pada periode yang sama tahun ini meningkat menjadi 32.765 unit.

Terkait hal tersebut, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Steve Ardianto, mengatakan, tahun depan, minat masyarakat Indonesia akan mulai bergeser ke segmen SUV, bila dilihat dari kondisi pasar saat ini.

Nasib Mobil Hibrida di Indonesia Masih 'Abu-abu'

"Tahun depan, SUV (lebih diminati). Sekarang kan MPV (multi purpose vehicle) yang menjadi nomor satu. Tahun depan, SUV yang akan booming," ujarnya saat ditemui di Tangerang Selatan, Sabtu 19 Desember 2015.

Sebagai pemain cukup lama di segmen SUV, Steve menambahkan, bila kondisi jalan di Indonesia merupakan faktor utama mobil SUV akan lebih diminati tahun depan.

"SUV itu kan cocok untuk di Indonesia. Jalanan yang rusak, modelnya juga semakin manis. Kita cukup kuat di SUV, dari zaman Terrano, kemudian X- trail. Jadi, cukup dikenal untuk segmen SUV," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya