Siap Diluncurkan, Ini Harga Mobil Esemka

Kirab mobil Esemka dengan Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) selaku produsen otomotif 'cita rasa' nasional dengan merek Esemka menegaskan bila pihaknya akan segera meluncurkan mobil pertamanya dengan jenis pikap, pada Agustus 2016 mendatang.

Nekat Mudik, Tiga Pemuda Ini Dikarantina di Eks Pabrik Esemka

Menurut Managing Director PT ACEH, Hosea Sanjaya, pihaknya sangat yakin mobil karya anak bangsa tersebut mampu bersaing dengan produsen otomotif Jepang dan Eropa yang telah lebih dahulu eksis di Tanah Air.

"Salah satu persyaratan itu harga, sehingga kita dapat bersaing. Rasa-rasa lebih dari pada yakin (bersaing dengan produk lain). Kita melihat berdasarkan tuntutan dan pilihan konsumen," kata Hosea saat ditemui VIVA.co.id, di Cibubur, Jakarta Timur.

Mobil Esemka Garuda 1 Jadi Pajero Sport Versi Murah?

Untuk harga yang ditawarkan, Hosea menyakini masyarakat Tanah Air dapat memiliki mobil ini dengan harga sangat kompetitif bila dibandingkan dengan mobil di segmen yang sama saat ini.

"Agar harga mobil dapat bersaing, jalur distribusi akan kita perpendek. Jadi misalnya saja dari Esemka langsung dijual kepada pemakai tanpa harus mengangkat banyak jaringan seperti diler, main diler dan  distributor," tambah Hosea.

Mobil Esemka Beredar di Jalan Raya, Namanya Garuda

Selain itu, Hosea sangat yakin mobil Esemka dapat bersaing dalam industri otomotif, dikarenakan tidak adanya ikatan harus memproduksi sesuatu yang sudah 'terkunci' atau tak bisa diubah. "Kita juga belajar dari yang sudah ada. Semua pengaturan kita itu berhubungan dengan original equipment manufacturing (OEM), berhubungan langsung dengan hal-hal yang original dan pabrikan. Jadi tidak ada istilah sekadar tempel satu merek saja," ujar Hosea.

Sedianya, mobil pikap ini akan menyasar kalangan pedesaan. Peluang untuk menjadikan kendaraan perdesaan ini sebagai kendaraan yang diminati, diakui Hosea cukup besar, hal itu dikarenakan pikap yang ada saat ini memiliki kisaran harga sekira Rp130 juta.

"Produk-produk pikap kecil yang diproduksi di Indonesia itu 1.500cc, harga yang ditawarkan Rp130 jutaan. Di atas 1.500cc itu impor dari Thailand, jadi otomatis peluang sangat besar di situ. Harga yang kita tawarkan harus di bawah 100 juta," kata Hosea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya