Ertiga Diesel Segera Meluncur, Bagaimana dengan Avanza?

Toyota Avanza
Sumber :
  • D

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi mobil bermesin diesel yang semakin canggih, membuat produsen mobil asal Jepang, Suzuki, berniat memasarkan Ertiga diesel dengan mesin hibrida di Tanah Air.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Rencananya, peluncuran akan dilakukan pada Februari 2017 mendatang. Yang menjadi pertanyaan, rencana Suzuki menghadirkan Ertiga diesel apakah membuat Toyota Avanza juga akan hadir dengan pilihan diesel?

Menanggapi hal tersebut, Executive General Manager, PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bila pihaknya tidak tertarik menyematkan mesin diesel untuk mobil sejuta umatnya itu.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

"Enggak tertarik, kami melihat segmennya tidak situ. Masih bensin saja," katanya di Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut, Fransiscus menjelaskan bila konsumen tidak terlalu tertarik dengan mesin diesel karena beberapa alasan, salah satunya  identik dengan kendaraan komersial.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

"Avanza itu memang untuk komersial. Tetap saja kalaupun digunakan untuk taksi, mereka enggak minta mesin diesel. Lalu yang kedua biaya maintenance-nya, kita tahu yang satu pakai pembakaran satu pakai presure, kalau pakai presure dia otomatis karbon lebih banyak. Ya biaya maintenance lebih mahal," ujarnya.

Menurut survei yang dilakukan Toyota, konsumen di kelas entry level lebih tertarik untuk memilih mesin bensin dibandingkan diesel. Sehingga, Toyota masih belum memiliki keinginan untuk menyematkan mesin diesel kepada mobil 'sejuta umat' tersebut.

"Jadi memang untuk kelas entry seperti itu pilihan utama tetap jatuh kepada mesin bensin. Karena menurut survei kami customer tidak tertarik dengan yang namanya MPV diesel. Iya memang ada Innova kami sediakan, tapi secara persentase kecil sekali. Kecil kontribusinya (Innova diesel) cuma 5 sampai 10 persen," ujar Fransiscus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya