Berapa Biaya Servis AC Mobil?

Perbaikan AC mobil
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Air Conditioner atau biasa disingkat AC, pada mobil berperan penting untuk membuat kesejukan pada ruang kabin. sehingga berkendara pun menjadi nyaman meski dalam cuaca panas. 

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cuma Keluar Angin

Namun seiring pemakaiannya, komponen AC mobil juga bisa mengalami kerusakan, sehingga membuat peranti pendingin tak bekerja dengan optimal. Jika sudah demikian, mobil pun terasa kurang nyaman karena kinerja AC pada mobil tentunya tidak akan maksimal. Lantas, berapa biaya untuk memperbaikinya.

Menurut Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil atau Coolkars sebagai jaringan servis AC Denso di Tanggerang, Susanto, untuk biaya servis sebetulnya cukup murah. 

Cara Manjur Usir Panas saat Parkir Mobil di Terik Matahari

"Cukup murah kok, kita juga sekarang lagi ada promo khusus komunitas, kita adakan paket perawatan dalam satu tahun meliputi heavy service-nya dan ganti caf juga plus fogging," katanya saat ditemui VIVA.co.id dibengkelnya, Sabtu 21 Januari 2017. 

Menyoal harga, Susanto menuturkan bujet yang harus disiapkan untuk servis AC dalam jangka satu tahun, berkisar mulai dari Rp3,14 juta. 

Penyebab AC Mobil Tak Terasa Sampai Jok Belakang

"Itu tadinya Rp3,85 juta dipangkas lagi untuk komunitas. Kita juga sediakan paket fogging caf dan AC care seharga Rp1,92 juta. Jadi, Rp1,48 dalam waktu setahun," ujarnya. 

Selain itu, terdapat juga paket hemat ganti coolant flushing caf dan free fogging, khusus untuk komunitas sebesar Rp695 ribu. "Promo ini periodenya sampai Desember akhir tahun nanti," tuturnya.

Selain memberikan harga promo, Coolkars juga memberikan edukasi pada tiga komunitas mobil seperti Innova Community (IC), Ertiga Club Indonesia (ERCI), dan Toyota Avanza Club Indonesia (TACI). Edukasi tersebut dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan sharing-sharing mengenai perawatan AC yang sehat. 

"AC itu memang untuk kenyamanan, tapi tidak cukup dingin saja, kalau dingin semua bengkel bisa, tapi kalau AC yang sehat itu perlu belajar lagi bagaimana supaya tidak boros dan cepat kotor. Kondisi itu yang kita lakukan share pentingnya melakukan perawatan bagi AC mobil," kata Susanto.  

Untuk itu, Susanto mengatakan, pentingnya melakukan perawatan secara berkala pada mobil. Gunanya, untuk menjaga udara yang masuk dari luar bisa sehat dan aman dihirup oleh pengendara. 

"Kalau di kita itu ada produk yang namanya cleverin auto fogging yang berfungsi menyaring sirkulasi udara di dalam mobil yang cenderung kotor dan bakteri bisa masuk. Cleverin gunanya untuk membersihkan AC mobil udaranya agar lebih sehat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya