Tata Motors Siapkan Dua Platform Mobil Baru 2018

Sketsa booth Tata Motors
Sumber :
  • Dok: Tata Motors

VIVA.co.id – Cara mudah bagi produsen otomotif mengurangi biaya menempatkan beberapa produknya pada platform yang sama, tak terkecuali Tata Motors. Terkait produk masa depannya, Tata Motors mengaku telah memutuskan untuk mengonsolidasikan semua produk masa depannya pada dua platform.

Uniknya Pintu Mobil Rp100 Jutaan Pesaing Ignis Ini

Saat ini, Tata Motors diketahui memiliki enam platform untuk menciptakan berbagai jenis kendaraannya, seperti model Sport Utility Vehicle (SUV) dan hatchback. Sebelumnya, produsen mobil asal India tersebut telah meluncurkan sub-brand baru bernama Tamo.

Platform pertama akan memiliki nama AMP atau Advanced Modular Platform. AMP baru merupakan platform scalable yang dapat mendukung berbagai macam bodi. Platform ini disebutkan siap menampilkan hatchback, crossover, sedan, MPV, dan SUV.

Tengok Kerennya Mobil Baru yang Jadi Rival Fortuner

Platform scalable akan memperhitungkan perubahan panjang dan wheelbase, tinggi, dan menghitung lebar secara keseluruhan untuk mendapatkan berbagai jenis bodi. Platform ini adalah desain monocoque yang hampir 70 persen dari struktur internal akan sama.

Platform baru tersebut siap mendukung mesin konvensional bensin (turbo dan non-turbo), mesin diesel turbo dan hybrid atau powerplants listrik penuh. Platform baru tersebut disebutkan siap meluncur pada 2018 dengan mobil pertama berdasarkan AMP.

Pakai Teknologi Land Rover, Penantang Fortuner Ini Ganti Nama

Platform kedua menjadi platform yang lebih besar karena harus mendukung SUV besar. Penting untuk dicatat bila Tata Nexon atau Tata Kite5 yang akan diluncurkan akhir tahun ini masih akan berdasarkan platform seperti yang digunakan pada Bolt. (art)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022