Mitsubishi Anggap Mobil Sedan Hanya Cerita Lama

Mitsubishi Lancer Edisi Terakhir.
Sumber :

VIVA.co.id – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors angkat bicara terkait permintaan asosiasi Gaikindo agar produsen mobil mengikuti tren pasar global.

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Salah satu permintaan itu adalah memproduksi mobil sedan untuk menggenjot ekspor kendaraan roda empat.

Head of PC Sales Department KTB, Imam Choeru Cahya mengaku, sampai saat ini KTB belum berniat memproduksi mobil sedan di Tanah Air. Meski, pabrikan otomotif asal Jepang itu sempat memiliki sedan Lancer.

Jadi Simbol Kesuksesan, Segini Harga Mobil Sedan Terbaru Desember 2023

Dia beralasan, pasar mobil sedan masih sangat kecil bila dibandingkan pasar multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

"Kami sedang berkonsentrasi di Small MPV, karena segmen MPV dan SUV sangat besar. Berdasarkan data Gaikindo, (pasar) sedan itu kecil, terus menurun," kata Imam di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu 8 Februari 2017.

Terpopuler Otomotif: Pemotor Kena Piting di Pom Bensin, Daftar Motor Matik dengan Bagasi Luas

Dia menegaskan, Mitsubishi Indonesia akan membantu meningkatkan ekspor kendaraan roda empat dengan menyodorkan Small MPV, yang produksinya akan dilakukan tahun ini.

"Salah satu kandidat mobil yang mau kami ekspor adalah Small MPV, yang akan kami produksi ini. Produksi satu tahun targetnya 80 ribu unit, 60 ribu untuk kebutuhan domestik dan 20 ribu untuk ekspor," katanya singkat.

Sekadar informasi, Gaikindo bakal menggenjot ekspor kendaraan tahun ini. Hal itu menyusul turunnya jumlah ekspor kendaraan pada 2016 dibanding tahun sebelumnya.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan, ekspor mobil produksi dalam negeri pada 2016 hanya berhasil menembus 194 ribu unit kendaraan. Angka tersebut turun dari tahun 2015 yang mencapai sekitar 270 ribu mobil.

"Ekspor kendaraan Indonesia hampir mencapai 200 ribu, Thailand sudah mencapai angka satu juta kendaraan per tahun. Ini yang Gaikindo akan kejar," kata Yohannes di Kuningan, Jakarta Selatan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya