Mobil Jimny dan Ciaz Hanya Jadi 'Pajangan' Suzuki

Suzuki Jimny.
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVA.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales akan memboyong mobil legendaris Jimny ke tanah air. Mobil ini sebenarnya telah dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Rencana awalnya mobil ini akan didatangkan PT SIS pada April mendatang.

Motor yang Dipajang di JAW 2022 Dapat Diskon dan Bebas Angsuran

Namun memasuki bulan kedua, PT SIS juga belum bisa memastikan kapan mobil berspesifikasi off-road ini akan diboyong ke Indonesia. PT SIS berdalih pihaknya masih melakukan studi mengenai prospek dari mobil yang akan diboyong secara CBU dari Jepang ini.

"Untuk tahun ini saya belum bisa pastikan, karena masih studi," kata Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat, Donny Ismi Sahputra Marketing Director PT SIS, Donny Ismi Sahputra.

Baju Baru Suzuki Satria F150 untuk Tahun Baru 2022

Donny menuturkan, pasar kendaraan seperti Jimny memang tidak besar sehingga, kalaupun nantinya dipasarkan, SIS tidak akan memasang target penjualan tertentu.

"Jimny itu segmented, jadi kalau pun nanti kami luncurkan, itu marketnya terbatas. Jadi tujuan yang diharapkan lebih ke arah image bukan ke penjualan. Yang sekarang ingin kami lakukan adalah bagaimana impulse produk yang efeknya ke penjualan," katanya.

Meluncur di GIIAS, Mobil Baru Suzuki Sudah Diganjar Promo Kredit

Hal yang sama juga terjadi pada model sedan milik Suzuki, Ciaz. Menurut Donny, jika melihat penjualan pesaing Toyota Altis dan Honda City itu secara wholesales sepanjang 2016, hanya terjual 35 unit saja.

"Sama itu juga. Lebih ke arah branding sih Celerio dan Ciaz bahwa Suzuki punya loh. Tertarik atau enggak itu kan balik lagi. Tapi ide awal kenalin Ciaz, kami itu kan memberikan alternatif sedan dengan konsumsi BBM yang rendah," katanya.

Sekedar Informasi, secara global Suzuki Jimny melenggang sendiri tanpa pesaing. Namun, beberapa produsen tengah menyiapkan mobil berukuran kecil dengan sistem penggerak 4WD untuk melawan Jimny. Sebut saja adik Jeep Renegade dan Hyundai Carlino.

Suzuki Jimny memiliki dimensi dengan panjang 3.695milimeter, lebar 1.600mm, tinggi 1.705mm, wheelbase 2.250mm, dan ground clearance 190mm. Sedangkan untuk jantung pacu, mobil ini telah dilengkapi mesin berkapasitas 1.328 cc yang mampu manghasilkan tenaga hingga 83 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.100rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya