Akselerasi Mobil Juga Dipengaruhi Ban, Ini Penjelasannya

Ban mobil Dunlop dengan kembang melintang
Sumber :
  • Ban mobil Dunlop dengan kembang melintang

VIVA.co.id – Kemampuan akselerasi sebuah kendaraan tak hanya ditentukan dengan mesin yang digendongnya. Kondisi ban ternyata ikut mempengaruhi, bahkan punya peran penting.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Pasalnya, ban merupakan komponen yang mengantarkan tenaga mesin untuk melaju kencang. Hal itu juga dibenarkan Bambang Hermanuhadi, Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia.

Menurut Bambang, kalau compound (bahan) cepat memadat, maka akselerasinya akan lebih cepat karena enggak perlu menunggu (jeda). Lanjut dia, menunggu yang dimaksud adalah saat pergantian transmisi, ban membutuhkan waktu untuk kembali memadat, sehingga jika produsen ban menggunakan compound yang lebih padat, maka akselerasi mobil tak perlu menunggu waktu lama.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

"Begitu jeda ganti gigi kan naik percepatan rendah ke tinggi, dia (ban) kan perlu waktu padat lagi. Nah karena dia bisa lebih cepat proses padatnya, maka akselerasi mobil bisa lebih cepat lagi," katanya.

Jika compound ban cepat padat, tentu akselerasi mobil jadi lebih cepat. Bahkan, bisa membuat mobil lebih hemat bahan bakar.

"Dengan lebih padat (compound) maka ketika berputar, ban akan segera berputar ketika mesin hidup dan transmisi disambungkan," katanya.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Kesimpulan, bahan ban yang mudah berubah padat saat bergesekan dengan permukaan jalan akan mudah menggelinding. Maka, saat mesin dipacu untuk berakselerasi ke torsi puncak tidak ada hambatan. (one)

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Viral di media sosial seorang pemilik mobil yang curhat karena merasa kena harga yang sangamahal saat mengganti ban mobil di salah satu bengkel di kawasan Puncak, Bogor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024