Mobil Terbang Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

Mobil terbang Pal-V.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Mobil terbang mungkin merupakan kendaraan impian bagi kebanyakan pengemudi di berbagai wilayah perkotaan yang kerap dihantui kemacetan. Sejauh ini, mobil terbang biasanya hanya menjadi penghias dalam sebuah film fiksi yang membumbungkan angan-angan banyak manusia.

Resmi Dapat Sertifikat, Mobil Terbang Siap Dijual Tahun 2024

Namun kini, kendaraan canggih tersebut ternyata bakal hadir di kehidupan nyata. Mobil dua alam yang dapat melesat di jalan raya dan melanglang bebas di udara itu mulai dibuka keran pemesanannya. Adalah PAL-V, perusahaan asal Belanda yang telah membuka pemesanan. Mobil terbang yang dipasarkan disebut PAL-V Liberty. Demikian dilansir Techcruch, Selasa, 14 Februari 2017.

Bagi calon konsumen, PAL-V membuka pemesanan tahap awal sebanyak 90 unit. Harga yang ditawarkan, yakni Rp5,3 miliar. Harga itu dibanderol untuk model dasar sebelum pajak. Saat ini, mobil terbang itu sudah mampu menarik perhatian, termasuk dari pihak kepolisian.

China Bikin Mobil Terbang yang Harganya Terjangkau

Dilansir Autocar, PAL-V Liberty mampu dikendarai di jalan darat dan udara, dan yang terpenting, mobil terbang ini telah mengantongi izin aturan hukum penerbangan. Secara desain, PAL-V Liberty memiliki desain layaknya helikopter yang dilengkapi baling-baling panjang di bagian atas. Sedangkan baling-baling lebih kecil berada belakang sebagai pendorong.

Mobil beroda tiga ini juga bisa terbang berkat sebuah rotor dan propeller yang bisa dikembangkan dalam waktu 10 menit. PAL-V bisa mengudara hingga ketinggian di bawah 4.000 kaki atau 1.200 meter. Soal kecepatan, mobil ini bisa tembus hingga 180 kilometer per jam baik di udara atau di darat. Tak hanya itu, kendaraan ini hanya memerlukan lintasan yang relatif pendek untuk terbang dan mendarat.

Ini Mobil Terbang Pertama yang Telah Disetujui FAA, Mulai Dipasarkan 2025

Kendaraan ini berbobot 1.500 pon yang terbuat dari bahan rangka serat karbon, titanium, dan aluminium. Sehingga cukup ringan untuk diterbangkan. Untuk sektor dapur pacu, PAL-V mengusung mesin bensin empat silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 230 horse power. Adapun kapasitas tanki bensin dapat menampung 27 galon, dengan jarak perjalanan saat terbang mencapai 220 mil pada ketinggian rendah sekitar 4.000 kaki, atau dikendarai di darat sejauh 750 mil.

Menurut Robert Dingemanse, Chief Executive Officer PAL-V, mobil yang telah dikembangkan selama lebih dari empat tahun itu kini sudah menjalani berbagai pemeriksaan dan layak terbang.

Mobil terbang Terrafugia TF-X

3 Mobil Terbang yang Siap Mengudara dan Sudah Bisa Dipesan

Setelah bertahun-tahun dikembangkan, kini ada beberapa mobil terbang yang sudah siap untuk dijual dalam waktu tidak terlalu lama lagi.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2023