Head Unit Baru Buatan Tiongkok atau Bekas tapi Bermerek?

Head unit
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemilik mobil yang tak puas dengan head unit bawaan pabrik bisa menggantinya dengan produk after market. Di pasaran, head unit mobil dijual beragam tipe dan merek mulai dari baru hingga bekas pakai.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Dwi Nur Ahmadi teknisi dari Braling Teknik Audio mengatakan, mengganti head unit bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Salah satu solusi murah dengan memanfaatkan produk buatan Tiongkok.

"Pemilik mobil dengan budget terbatas kini bisa memilih menggunakan head unit murah buatan Tiongkok atau head unit bermerek tapi dengan kondisi second hand," katanya.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Pria yang akrab disapa Nur itu mengatakan, meski dalam kondisi baru, memilih head unit buatan Tiongkok bukan pilihan yang mudah. Ini lantaran perangkat hiburan itu biasanya hanya bertahan satu hingga dua tahun pemakaian.

Sementara audio yang bermerek dan orisinal, dikatakan Nur, memiliki komponen yang lebih awet dan berumur panjang meski berstatus bekas pakai.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

"Kalau saya sih lebih menyarankan pakai yang bekas tapi bermerek karena dia lebih awet. Tapi semua tergantung pilihan konsumen, mau pilih yang head unit China juga sudah banyak pilihan," kata dia. (hd)

Booth Pioneer di IIMS 2023

Promo Sistem Hiburan Mobil di IIMS 2023, Harga Paket Pioneer Cuma Segini

Pioneer menjadi salah satu jenama yang sudah terkenal di kalangan pecinta otomotif. Terlebih head unit, hingga speaker buatan Jepang kini menawarkan promo di IIMS 2023.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2023