Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis Akhirnya Terungkap 

Uji tabrak Suzuki Ignis.
Sumber :
  • Euro NCAP

VIVA.co.id – Suzuki Ignis merupakan salah satu mobil yang kini tengah ramai diperbincangkan di Tanah Air. Mobil berharga setara low cost green car (LCGC) itu berstatus impor utuh dari India, dan dijual di Tanah Air dengan harga mulai Rp139,5 juta on the road Jakarta.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Bicara tampilan, tergantung dari siapa yang melihatnya, karena tiap orang tentu memiliki selera berbeda-beda. Tetapi bagaimana soal keamanan mobil ini?

Seperti dilansir Indianautosblog, Ignis ternyata sudah melakukan uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP. Hasilnya, Ignis model standar besutan India mendapatkan tiga bintang dari nilai lima bintang. Sementara Ignis versi Eropa mendapatkan nilai lima bintang.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Tiga bintang merupakan nilai yang cukup lumayan baik, mengingat adanya sejumlah paket keselamatan tambahan untuk Ignis versi Eropa. Di antaranya Dual Camera Brake Support, Lane Departure Warning, dan Speed Limiter.

Untuk Ignis di India yang juga dijual di Indonesia, tes pengujian menunjukkan nilai cukup baik saat mobil diuji tabrak secara frontal. Penguji menyebut kompartemen penumpang tetap stabil, namun dalam tes Frontal Offset Deformable Barrier, perlindungan terhadap dada pengemudi lemah. Dalam tes dampak lateral, tingkat perlindungan juga dinilai baik. Model Ignis yang diuji memiliki berat 820 kilogram dan didukung mesin bensin 1,2 liter.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Sementara pada uji tabrak Ignis versi Eropa, Euro NCAP menyebut boneka manusia yang digunakan sebagai pengganti pengemudi dan penumpang menunjukkan perlindungan yang baik di bagian lutut dan tulang kering dari pengemudi dan penumpang. Dari uji tabrak samping, Ignis meraih poin penuh dengan perlindungan maksimal di bagian kritis. Perlindungan pundak juga memadai dan bagian tubuh lainnya nampak bagus.

Lihat videonya:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya