Test Drive Agya: Menyusuri Yogyakarta ala Anak Muda

Toyota Agya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA.co.id – Yogyakarta menjadi lokasi uji coba New Toyota Agya, 23-24 Mei 2017. Tempat-tempat ikonik Yogyakarta jadi pilihan test drive bergaya anak muda ini.

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

Pada hari pertama, para jurnalis langsung menjajal performa New Agya. Melewati jalan-jalan perkotaan dengan lalu lintas yang cukup padat, dan jalan-jalan di luar kawasan kota yang berkontur menanjak menjadi bagian dalam perjalanan ini. 

Usai meninggalkan Bandara Adi Sutjipto di Maguwo, para jurnalis rehat sejenak dan sarapan pagi di Joglo Parisewu. Tempat makan yang berlokasi di daerah Kalasan, salah satu sudut wilayah Sleman ini merupakan alternatif destinasi kuliner pilihan kalangan muda, karena memiliki pemandangan yang lengkap mulai dari pepohonan, jalan panjang yang menghilang di horizon, jembatan yang membelah sungai, serta gemericik air terjun. 

Apes Banget Nasib Mobil Agya Ini Kena Siksa Emak-emak yang Bikin Konten

VIVA.co.id mendapat jatah mencoba mesin 1.000cc VVT-i. Toyota mengklaim mesin ini bisa lebih irit 5 persen dari pendahulunya dan tenaga yang dihasilkan juga lebih besar. Jika dulunya maksimal power 63,5 PS, sekarang bertambah menjadi 67 PS.

Tenaga ini jauh dari berlimpah, tapi cukup untuk menanjak untuk penumpang tiga orang dengan bobot masing-masing 60-70 kilogram. Jika macet di tanjakan tajam, ini yang jadi kendala. Anda harus jaga jarak agar bisa ancang-ancang agar bisa mulus.

Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta Tahun Muda

Seperti layaknya mobil tiga silinder yang lain, getaran mesin masih terasa, meski Toyota sudah memberi engine mounting pada keluaran terbaru ini. Memang dibandingkan sebelumnya, New Agya sudah relatif lebih senyap.

Mesin Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

Untuk membuktikan performa tersebut, selepas dari Joglo Parisewu, perjalanan menuju Hutan Pinus Imogiri yang berlokasi di Bantul dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Selain ruas jalan pekotaan dan jalan arteri, peserta menemui ruas jalan yang menanjak menuju hutan pinus tersebut. 

Hutan Imogiri memang populer sebagai lokasi hunting foto. Deretan pinus yang tumbuh subur teratur tak kalah cantik dengan hutan-hutan yang sering dijadikan lokasi syuting film di luar negeri.

Suasana hutan pinus yang selalu disebut-sebut seperti hutan di Forks atau kota-kota kecil lain di Evergreen State dalam sebuah film jebolan Hollywood, menjadi daya tarik tersendiri bagi para kalangan muda, terutama pencinta fotografi dan penggila selfie.

Perubahan yang mendasar pada sisi eksterior New Agya melahirkan penampilan entry hatchback Toyota ini terlihat stylish, sehingga cocok bagi anak muda. 

Karena itu, dalam test drive kali ini, usai meninggalkan hutan pinus Imogiri, para jurnalis merasakan santap siang dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya. Bale Raos sebuah rumah makan dengan hidangan khas Kraton Yogyakarta yang berlokasi di dalam lingkungan kawasan Kraton Yogyakarta akan menjadi tempat pilihan.

Untuk menguji New Agya, baik pengemudi maupun penumpang, siangnya menuju landasan pacu Pantai Depok, di Parangtritis. Di kawasan ini, peserta menjajal kelincahan manuver New Agya melalui kompetisi slalom games yang juga mengikutsertakan beberapa peslalom dari Toyota Team Indonesia (TTI), salah satunya peslalom cantik Alinka Hardianti.

Test drive Toyota Agya di Yogyakarta, 23-24 Mei 2017

Ajang slalom di landasan pacu Pantai Depok

Malamnya, peserta bersantap malam di Rumah Makan Bu Ageng di Jalan Tirtodipuran Nomor 13 Mantrijeron Yogyakarta yang lokasinya terkenal dengan kafe dan resto bernuansa western. Restoran milik budayawan Butet Kertaredjasa ini menjadi salah satu lokasi kuliner pilihan kalangan muda karena menyajikan masakan rumahan.

Toyota Agya di Kilometer 0 Yogyakarta, Senin malam 23 Mei 2017.Toyota Agya di kota Yogyakarta

“Kualitas New Agya kini sudah  berstandar global dan didukung jangkauan jaringan hampir mencapai 300 outlet di seluruh Indonesia, kami optimis akan mendapat tanggapan positif di masyarakat,” kata Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat.

Adanya fitur new semi bucket pada kursi jok membuat duduk lebih enak. Bangku baris kedua juga sudah dilengkapi head rest untuk penumpang kabin belakang.

Dasbor Toyota Agya

Interior Agya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya