Tata Motors Kepincut Bikin Bus Double Decker di Indonesia?

Bus double decker Agra Mas.
Sumber :
  • Agra Mas

VIVA.co.id – Tak cuma mobil penumpang saja yang terus mendapat penyegaran, kendaraan penumpang seperti bus juga terus bertransformasi ke wujud dan fasilitas lebih modern. Salah satunya adalah model bus tingkat (double decker) yang mulai dipasarkan ke banyak perusahaan otobus (PO) di Indonesia. 

Tengok Kerennya Mobil Baru yang Jadi Rival Fortuner

Meski cukup mendapat perhatian dari masyarakat, namun baru Mercedes-Benz dan Scania yang menawarkannya. Terkait hal ini Tata Motors selaku salah satu pelakon kendaraan komersial di Indonesia angkat bicara. Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Biswadev Sengupta, mengaku sangat berapresiasi sekali pada produsen yang menjual bus double decker di Indonesia.

Sebab tentu akan positif terhadap ketersediaan transportasi umum yang lebih mumpuni. "Saya pikir bus tingkat itu solusi yang sangat bagus. Tetapi Tata Motors tidak fokus di segmen itu untuk sekarang. Big bus, bus double decker, bus hybrid, dan lain-lain adalah fase kami selanjutnya," ujar Biswadev di Jakarta, Senin malam, 12 Juni 2017.

Pakai Teknologi Land Rover, Penantang Fortuner Ini Ganti Nama

Meski kendaraan komersial saat ini merupakan fokus Tata Motors Indonesia, namun tidak semua model truk dan bus bisa langsung dipasarkan di Indonesia. Kata Biswadev, Tata Motors melakukan pemasaran produk di Indonesia secara bertahap. Karena jenama adal India itu merupakan pemain baru di pasar otomotif Tanah Air.

Artinya Tata Motors tidak bisa langsung memboyong semua produk kendaraan dari India untuk dijual. Biswadev mengatakan, Tata Motors harus menyiapkan layanan purnajual, suku cadang, dan kebutuhan pelanggan lainnya sebelum memasarkan produknya.

Bus Sekolah Ini Punya Tampilan Ala Mobil offroad

"Di India kami juga tidak menjual double decker bus. Tapi saya yakin pasar bus sangat tinggi, karena jumlah masyrakat yang sangat banyak di sini dan mereka bermobilisasi. Karenanya, transportasi publik harusnya bisa tumbuh secara alami," ujar dia. (ren)

Mobil Tata Punch.

Uniknya Pintu Mobil Rp100 Jutaan Pesaing Ignis Ini

Mobil baru yang masuk dalam kategori micro SUV dan jadi pesaing Ignis itu, bakal meluncur tidak lama lagi di India.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2021