Siapa Saja Orang Kaya RI Simpan Aston Martin di Luar Negeri

Komunitas Aston Martin Indonesia
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Indonesia ternyata menjadi salah satu negara penting bagi produsen mobil sport dunia, salah satunya adalah Aston Martin. Ini lantaran konsumen Indonesia masuk kategori penggemar mobil-mobil super. Hal itu disampaikan Chief Executive Officer (CEO) Aston Martin Jakarta, Irmawan Poedjoadi.

Ini Baru Orang Kaya! Belanja ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah dan Ambulans

"Dilihat sebagai pasar penting karena Indonesia sudah masuk dalam kategori negara yang warganya mengoleksi mobil-mobil supercar, hypercar dan bahkan collectable item," kata Irmawan kepada VIVA.co.id.

Atas hal ini pula, kata Irmawan, membuat sejumlah produsen mobil kencang dunia mengincar konsumen Indonesia untuk menjadi pembeli produknya. "Karena itu Indonesia sudah masuk radar para produsen mobil Eropa," ujar dia.

Harga Rolls-Royce Harvey Moeis dan Sandra Dewi yang Disita Kejagung Bikin Pemilik Gaji UMR Kaget

Mobil-mobil Aston Martin yang dibuat secara terbatas dan spesial pun ada yang dibeli orang Indonesia. Hanya saja, mobil-mobil tersebut memang tidak diparkir di Indonesia dan dibeli untuk kebutuhan khusus. Mobil yang tercatat dimiliki warga Indonesia antara lain, Aston Martin Vulcan, RB-001, dan Vanquish Zagato. Ketiganya merupakan produk yang dibuat secara spesial oleh pabrikan Aston Martin.

"Yang khusus kayak begitu memang mereka beli mobil bukan untuk dikendarai di Indonesia. Konsumennya jauh lebih tahu dan lebih aware tentang produknya. Membeli mobil spesial kayak begitu kan harganya enggak murah, pasti mereka sudah punya keputusan yang matang," kata Irmawan.

Rolls-Royce Sandra Dewi yang Nunggak Pajak dan yang Disita Kejagung Beda Model

Sekadar diketahui, Aston Martin Vulcan merupakan hypercar yang dibekali mesin bensin 7.000 cc V12 yang dikawinkan dengan transmisi Xtrac enam-percepatan sequential. Tenaga yang dihasilkan cukup dahsyat, yakni 800 daya kuda. Mobil ini dirancang tidak untuk dikemudikan di jalan raya.

Sementara Vanquish Zagato merupakan mobil yang menggabungkan desain klasik dan futuristis. Zagato hanya diproduksi 99 unit di dunia dan dibekali mesin V12 naturally aspirated 5,9 liter yang sanggup menghasilkan tenaga 592 daya kuda.

Hypercar lainnya, yakni RB-001 yang merupakan produk kerja sama Aston Martin dengan tim balap Red Bull. Mobil ini hanya memerlukan waktu 10 detik untuk berlari sampai 320 km per jam. Di bawah kapnya ditanam mesin naturally aspirated  V12 yang mampu mengeluarkan tenaga 900 daya kuda. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya