Uber Siapkan Truk Canggih yang Bisa Jalan Sendiri

Truk otonom Uber.
Sumber :
  • Uber

VIVA.co.id – Uber Advanced Technologies Group rupanya makin serius menghadirkan truk swakemudi alias otonom yang bisa berjalan sendiri tanpa harus dikemudikan sopir. Uber tak sendiri, karena mereka menggandeng perusahaan bernama Otto untuk mengembangkannya.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Sejauh ini mereka terus meningkatkan teknologi pada truk tersebut. Menurut Alden Woodrom, Manajer Produk Truk ATG, truk tersebut telah mendapatkan pembaruan menyeluruh ketimbang model sebelumnya. Salah satu teknologi anyar yang kini sudah terbenam pada truk Uber adalah LiDAR 64, sebuah perangkat lunak yang juga menghadirkan deteksi sensor untuk menangkap navigasi dengan jelas. 

Kemampuannya bahkan diklaim dapat menandingi kemampuan Budweiser milik Otto yang pernah tercatat dalam rekor dunia sebagai truk dengan perjalanan terpanjang tanpa sopir. Woodrow meyakinkan, pembaharuan teknologi ini murni sebagai bentuk inovasi.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

“Otto belum pernah menggunakan LiDAR 64 sebelumnya. Ini merupakan bagian dari integrasi teknologi Otto dengan teknologi ATG,“ ungkap Woodrow seperti dilansir Autoblog, Selasa 4 Juli 2017.

Penambahan kemampuan ini juga didukung dengan data yang tersedia untuk sistem kemudi otomatis. Sehingga membantu meningkatkan kemampuan perangkat lunak dalam menangkap respons situasi di seluruh dunia.

Benda Kecil Ini Wajib Dibawa Pengendara Sepeda Motor Matik

Bahkan Woodrow mendapatkan informasi bahwa badan lisensi DMV California telah memperoleh update tentang kemajuan ini. Wodrow yakin truk ATG masuk dalam kategori kendaraan tingkat dua, seperti Tesla yang dilengkapi dengan autopilot, sehingga tidak memerlukan lisensi otonom khusus. Woodrow sangat optimis truk Uber ATG ini dapat seperti Budweiser nantinya. (mus)

Laporan: Binteri Afsari/mg/Jakarta

Diler Wuling Arista Cimahi

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Wuling siapkan teknologi otomotif baru di mobilnya, sampai layani pelanggan di Indonesia yang terdampak bencana.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2021