Mobil Bekas Dokter Lebih Bagus, Mitos atau Fakta?

Penjualan mobil bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Sebelum membeli mobil bekas, konsumen umumnya melakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dulu. Umumnya, pengecekan dilakukan mulai dari eksterior, interior, ruang mesin, dan pengetesan jalan.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Uniknya, masih ada beberapa pandangan bahwa profesi pemilik sebelumnya menentukan kualitas mobil bekas tersebut. Seperti halnya mobil bekas dokter atau guru, yang dianggap lebih memerhatikan perawatan dan diklaim jarak tempuh mobil mereka relatif lebih sedikit.

Lantas, benarkah demikian?

Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

Marketing showroom mobil bekas MJM Auto, Tama, mengatakan, profesi tidak bisa menjadi patokan bagus atau tidaknya mobil bekas yang dijual. Kata dia, kegiatan orang berbeda-beda, ada dokter yang praktik di beberapa rumah sakit dan guru yang mengajar khusus.

“Ada juga satu mobil (dokter atau guru) yang mungkin dipakai sekeluarga dengan sopir. Kalau jarak tempuh mobil bekas guru dan dokter itu sedikit, belum tentu. Mungkin bisa dibilang terawat kebersihan kabinnya kalau mobil bekas dokter,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Nyaman

Hal senada disampaikan pedagang mobil bekas Fadli dari Bambu Kuning Motor di kawasan Cipinang. Kata dia, kondisi mobil tergantung dari perawatan. Soal mobil bekas dokter, mitos seperti itu sama saja seperti mobil yang pemilik sebelumnya berjenis kelamin wanita, yang katanya lebih bagus.

“Itu cuma akal-akalan orang saja. Dari pedagang lain saya juga enggak pernah dengar. Tapi kalau iklan di internet atau koran, saya sering lihat itu. Dan saya sendiri tidak percaya, karena perlu pemeriksaan terlebih dahulu,” katanya.

Menurut Marketing Section Head Mobil88, Adji Yuwana Pratama, mitos percaya kondisi mobil bekas berdasarkan profesi itu memang sempat marak di era 1990-an. Namun, saat ini hal itu tidak berlaku lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya