Produsen Suku Cadang Asal Jerman Hadir di Indonesia

Produsen suku cadang asal Jerman ZF resmi masuk Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Pasar otomotif di Tanah Air mulai diramaikan dengan kehadiran produsen suku cadang kenamaan asal Jerman, Zahnradfabrik Friedrichsafen (ZF). ZF selama ini dikenal sebagai produsen suku cadang perakit transmisi, axle drive, modul traksi di banyak mobil-mobil Eropa, di antaranya Volkswagen, BMW, dan Mercedes-Benz dan Audi. ZF juga melahirkan power train dan teknologi sasis untuk kendaraan komersial seperti truk Hino, Volvo dan bus.

Tanpa Disadari Kebiasaan Sepele Ini Bikin Motormu Rusak

Kini ZF datang menawarkan produk yang bisa dilirik para Agen Pemegang Merek mobil di Indonesia. Produk itu dibawa oleh PT ZFAG Aftermarket Jakarta, selaku distributor resmi ZF dan telah memiliki kantor cabang di Jakarta dan Balikpapan.

Menurut Cakra Wiyata, Direktur PT ZFAG Aftermarket Jakarta, dahulu para APM yang membutuhkan suku cadang ZF, mereka harus mendatangkan langsung dari Jerman atau Singapura dengan jumlah tertentu. Prosesnya pun cukup panjang.

Ada Kabar Baik untuk Pemilik Mobil Suzuki yang Masih Garansi

“Sekarang kita sebagai distributor resminya, jadi seberapa pun jumlah part yang dibutuhkan kami sediakan. Maka pabrikan mobil yang agen pemegang mereknya ada di sini sudah tidak repot,” ujarnya di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juli 2017.

Cakra yakin, bahwa ZF di Indonesia akan lebih unggul di pasar aftermarket, meski secara perorangan suku cadang ZF tidak dapat dibeli satuan. Jadi tetap melewati langkah APM, karena ZF sebagai OEM (Original Equipment Manufacturers).

Beli Spare Part Suzuki Online, Pasangnya di Mana?

Bidik Mobil Jepang

Sementara itu Sheerhan Jeaudeen, Komisaris PT ZFAG Aftermarket Jakarta mengatakan, saat ini ZF memang merupakan OEM yang dipercaya digunakan pada beberapa mobil merek Eropa. Penggunaan komponen ZF memang tak selalu berada pada tiap mobil Eropa, tergantung tipe mobil tersebut. 

Untuk BMW, ada yang menggunakan komponen transmisi otomatis, dan bagian kaki-kaki seperti shockbreaker. Sementara di Audi hanya transmisi otomatis saja.

Maka itu, untuk memperluas pasarnya, ZF kini mulai membidik merek-merek Jepang agar mau menggunakan komponen racikannya. “Kita mau coba masuk ke mobil Jepang, komunikasi kita dengan pabrikan mobil Jepang sudah lama,” ujarnya.

Namun diakui ada satu kendala yang dihadapi. Pabrikan Jepang saat ini sudah memiliki mitra suku cadang yang sudah dipercaya. “Seperti Toyota, dia kan menggunakan Aisin untuk transmisinya, dan product quality mereka juga bagus. Makanya kita sedang berusaha masuk ke situ, kalau kapan persis saya tidak bisa bilang,” tuturnya.

Sementara untuk merebut pasar mobil Jepang, ZF mengaku sudah menjual beberapa suku cadang di pasar aftermarket untuk mobil Jepang. “Transmisi dan kaki-kaki di mobil Jepang kita sudah masuk ke Asia dari segi aftermarket,” katanya.

Sebagai informasi, selama dua tahun terakhir sebenarnya produk ZF sudah hadir untuk mobil-mobil Honda yang disambut baik oleh para pemakai Honda. Tapi itu hanya dikhususkan untuk pasar di Inggiris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya