China Bangun Pabrik Mobil di Indonesia, Ini Reaksi Wapres JK

Pabrik Wuling di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan pabrik baru milik PT SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut, nantinya akan menjadi lokasi produksi mobil merek China, Wuling.

Terpopuler: 10 Mobil Listrik Terlaris, Kendaraan Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Dalam sambutannya, Wapres JK mengatakan, dirinya mengapresiasi adanya pemain baru di industri otomotif Tanah Air tersebut.

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh chairman, karyawan, dan seluruh staf SGMW atas peresmian industri mobil Wuling hari ini," kata Jusuf Kalla di Cikarang, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2017.

Ini yang Bikin Wuling BinguoEV Jadi Sorotan di Indonesia

"Saya sangat apresiasi atas selesainya industrial center ini hanya dalam dua tahun. Suatu hal yang tentu sangat baik dan memberikan harapan untuk kita semuanya," katanya.

Chairman of SAIC dan PT SGMW Chen Hong mengatakan, lingkungan investasi yang baik serta dukungan dari pemerintah pusat  dan daerah di Indonesia, pabrik dapat terselesaikan hanya dalam waktu 2 tahun.

Terpopuler: Bengkel Hino Terima Uji KIR, Canter Bus Jadi Andalan Mitsubishi Fuso

"PT SGMW juga berhasil membentuk rantai pasokan, purna jual untuk melengkapi rantai industri perusahaan, serta menyediakan lebih dari 3.000 ruang untuk tenaga kerja Indonesia," kata Chen Hong di Cikarang, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2017.

Sementara itu, Presiden PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun mengatakan, PT SGMW Motor Indonesia merupakan proyek dari tiga pemegang saham utama, yakni SAIC, GM, dan Guangxi Automobile.

"Kunci utama proyek PT SGMW Motor Indonesia terletak pada empat proses produksi, yakni stamping (press shop), body, pengecatan, dan perakitan," kata dia.

Sekadar diketahui, pabrik Wuling di Indonesia dibangun di atas lahan seluas 60 hektare. PT SGMW Motor Indonesia menanamkan investasi senilai US$700 juta untuk memulai produksi mobil secara lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya