Ternyata, Kredit Mobil Bekas Lebih Tinggi Ketimbang Baru

PT BFI Finance Tbk menyasar nasabah di Pulau Bali. Foto ilustrasi kredit kendaraan.
Sumber :
  • Duitpintar.com

VIVA.co.id – Memiliki mobil merupakan idaman bagi setiap orang. Banyak cara yang bisa ditempuh agar bisa mempunyai mobil impian, salah satunya dengan menggunakan sistem kredit.

Plat Nomor di Sepeda Motor Ini Bikin Warganet Baper

Membeli mobil secara kredit semakin mudah berkat banyaknya perusahaan pembiayaan atau leasing. Dibanding tunai, pembelian dengan kredit lebih diminati karena sebagian tabungan bisa dialokasikan untuk hal lainnya.

Kredit mobil pun tak hanya pada mobil baru saja, mobil bekas atau seken juga bisa dicicil. Namun banyak yang menilai bahwa kredit mobil bekas justru lebih tinggi dibanding mobil baru. Lantas benarkah demikian?

Nyicil Mobil Gak Perlu Repot ke Kantor Leasing, Kok Bisa?

"Iya benar, kredit mobil bekas memang lebih tinggi dibanding yang baru," kata Presiden Direktur Adira Finance, Hafid Hadeli di Setia Budi, Jakarta Selatan.

Angsuran mobil bekas lebih tinggi ketimbang mobil baru, lantaran risiko yang harus ditanggung perusahaan pembiayaan juga lebih tinggi. Dalam kasus mobil bekas, konsekuensi itu bisa berarti kondisi memang buruk atau alasan lain menyangkut legalitas.

Beli Motor Yamaha Vixion Baru Ternyata Cicilannya Cuma Rp1 Jutaan

"Bunga mobil bekas lebih besar sekitar 4-5 persen bedanya dalam setahun dengan mobil baru," ujarnya menambahkan.

Hafid mengatakan, perusahaan pembiayaan atau leasing pun memiliki batasan membiayai mobil bekas. Yakni batasan usia mobil bekas yakni tak lebih dari 12 tahun. "10 tahun masih dibiayain. Mobil bekas masih dibiayain sampai 12 tahun," ujarnya menjelaskan. (mus)

Ustad Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad Bicara Kredit Mobil di Hadapan Pelawak

UAS atau Ustad Abdul Somad memberi penjelasan soal pandangan Islam mengenai meminjamkan uang untuk membeli barang.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2021