Suzuki: Swift Incar Cowok, Baleno untuk Cewek

Suzuki Baleno hatchback
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry

VIVA.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini mempunyai dua model hatchback yakni Suzuki Swift dan Baleno hatchback. Baleno "bokong tepos” ini kabarnya akan diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Suzuki Baleno Baru Meluncur, Harganya Lebih Murah dari Honda Brio

Jika melihat dari harga, sebenarnya keduanya tidak head to head. Sebab, Swift dibanderol dari Rp211,5 juta sampai Rp226,6 juta, sementara Baleno hatchback akan dijual Rp195 juta transmisi manual dan yang matik Rp207 jutaan.

Tapi, PT SIS tidak menampik kalau konsumen Swift akan berpaling ke Baleno mengingat ruang bagasinya yang lebih besar dan harganya lebih murah.

Segera Meluncur, Suzuki Baleno Hatchback Baru Bakal Dijual di RI?

“Itu enggak bisa dipungkiri karena konsumen mau masuk ke pasar hatchback pilihannya antara Baleno atau Swift tinggal dicari preferensi konsumen itu sendiri. Swift memang menawarkan daya emosional yang lebih tinggi, dengan desain yang lebih aerodinamis dibanding Baleno,” ujar Harold Donnel, Section Head 4 Wheel Product Development PT SIS.

Namun, kata Harold, Baleno generasi terbaru mempunyai competitiveness pricing dan juga daya fungsional lebih akomodir dibandingkan Swift.

Siap-siap Kaget Lihat Fitur Mobil Rp150 Jutaan Ini

“Nanti tinggal pilihan konsumen, pasarnya 5.000-an kita punya dua peluru di saat teman-teman lain (kompetitor) cuma punya satu. Kalau ditanya harga Swift berapa masih seperti yang ada di pricelist Suzuki,” sambungnya.

Menurutnya, karakter konsumen Baleno dan Swift sebenarnya berbeda. Untuk gender jika dilihat dari gambaran 40-60 persen kebanyakan wanita pembeli Baleno, sementara Swift berdasarakan data customer profile Suzuki kebanyakan pria.

“Artinya kalau mau mengarahkan cowok yang beli kita aktivasi ke Swift, kalau mau menggarap cewek kita main Baleno yang 55 persen cewek dan 45 persen cowok,” sambung dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya