Banyak Orang Trauma dengan Volvo

Volvo V40 Cross Country di GIIAS 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Kembalinya Volvo ke Tanah Air masih menjadi tanda tanya, terutama soal apakah mereka bisa sukses memikat hati konsumen Indonesia.

Volvo Hadirkan Pusat Servis Canggih di Jantung Kota Jakarta

Sebab, masih banyak orang yang trauma menggunakan kendaraan asal Swedia tersebut. Mulai dari sedikitnya bengkel resmi untuk servis hingga minimnya produk baru yang hadir di Tanah Air.

Itu sebabnya, PT Garansindo Distributor Indonesia sebagai agen pemegang merek Volvo di Tanah Air memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Toyota Alphard Dapat Saingan Baru, Mewah dan Super Canggih

Hal tersebut diakui Chief Executive Officer GDI, Muhammad Al Abdullah. Kata dia, meski berat, tapi ia tetap optimistis Volvo bisa mendapatkan tempat lagi di hati penggemar mobil premium

"Flashback, banyak konsumen yang sakit hati dalam tahap berlebihan, atau trauma karena mereka enggak yakin Volvo beneran datang lagi. Karena, sudah tiga dekade (menghilang), dan ini yang ingin kami sembuhkan," ujarnya saat wawancara khusus di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan.

Balik ke Pasar Indonesia, Volvo Pamerkan Mobil Listrik di GIIAS 2023

Maka dari itu, Garansindo terus berikan sosialisasi mengenai Volvo yang sekarang. Karena, ia yakin Volvo bisa bersaing dengan merek-merek mobil mewah lainnya.

"Selama ini, orang melihat Volvo teknologinya tinggi, dan itu positif buat kami. Negatifnya buat kami, resale value (harga jual kembali) jadi masalah klasik. Kedua, mereka trauma dengan pelayanan purna jual atau aftersales Volvo yang lama," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Memet itu menjelaskan, Garansindo tidak sembarangan memilih Volvo. Mereka telah memiliki pengalaman menghadirkan merek mobil yang kurang tenar, dan pelan-pelan menjadikannya produk yang digemari konsumen.

"Saya bilang sama tim, 2010 saya bawa Jeep, dan satu tahun kemudian penjualan hanya 50-an unit. Jadi, tujuh tahun lalu saya mengalami hal yang sama dengan Jeep, yaitu resale value dan aftersales yang lama. Tapi, sekarang Wrangler jadi salah satu penjualan yang baik," katanya.

Sebagai catatan, Garansindo menghadirkan empat Volvo terbaru di GIIAS 2017. Empat produk itu terdiri dari V40 Cross Country, S60, S90, dan XC90.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya