Persaingan Layanan Purnajual BMW dan Volvo

Logo Volvo.
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVA.co.id – Bermain di segmen mobil premium membuat PT Garansindo Distributor Indonesia sebagai agen pemegang merek Volvo harus berani memberikan layanan yang berbeda, dibandingkan kompetitornya.

Daimler Ungkap Tantangan Hadirkan Bus Listrik ke Pasar Indonesia

"Kami jual Volvo paket lengkap, konsumen hanya perlu isi bensin dan ganti ban saja. Karena, selama lima tahun, pergantian komponen apapun, termasuk kampas rem yang sifatnya habis, gratis," ujar Chief Executive Officer GDI, Muhammad Al Abdullah, di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Pria yang akrab disapa Memet itu menjelaskan, paket servis gratis lima tahun ini menjadi cara untuk menyembuhkan trauma konsumen akan layanan purnajual Volvo di Indonesia. Sebab, selama tiga dekade mobil asal Swedia ini seakan hilang dari peredaran.

Pembaruan Layanan Purna Jual Hyundai Bikin Konsumen Terjamin Aman

Selain hanya menghadirkan satu produk baru beberapa tahun lalu, yakni XC60, Indomobil sebagai APM Volvo terdahulu hanya memiliki satu bengkel servis saja, yakni di Pantai Indah Kapuk.

Sementara itu, BMW juga tidak mau kalah dalam hal pelayanan pada konsumen. Mengingat, pabrikan mobil asal Jerman itu sudah lebih lama terjun di pasar mobil mewah Tanah Air.

Jaga Kepuasan Pelanggan Purnajual dengan Teknologi AI

Salah satu bentuk layanan mereka pada konsumen yakni pergantian ban mobil yang rusak. Produsen mobil berlogo baling-baling ini menyebutnya BMW Group Tire Coverage.

Layanan tersebut memungkinkan konsumen BMW untuk mengganti ban mereka dalam kurun waktu satu tahun. Namun, layanan ini tidak diberikan secara cuma-cuma.

Selain itu, ada juga yang serupa dengan layanan Volvo, yaitu BMW Service Inclusive. Yakni perawatan reguler gratis selama lima tahun atau 60 ribu kilometer (mana yang tercapai terlebih dahulu).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya