Banyak Produk Baru, Mobil Bekas Ramai-ramai Banting Harga

Ilustrasi mobil di parkir di rumah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Meski banyaknya kendaraan roda empat baru bermunculan, mobil seken masih cukup diminati bagi sebagian masyarakat berbagai kalangan. Aktivitas jual beli mobil bekas pun saat ini sudah merambah secara online.

Ini Mobil Bekas yang Banyak Dicari Usai Lebaran

Berdasarkan data situs jual beli online OLX, tercatat penjualan mobil bekas mengalami penurunan di kuartal kedua tahun 2017, yakni mencapai 177 ribu unit dibanding kuartal pertama sebanyak 179 ribu unit.

"Aktivitas jual-beli memang turun karena hari kerja berkurang juga. Long weekend juga paling banyak ada di kuartal kedua tahun ini. Barang primer seperti mobil bukan jadi prioritas," kata Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian Suwignjo, di Jakarta.

Harga Jual Mobil Bekas Bisa Tinggi Cuma Gara-gara Satu Hal Ini

Penurunan sedikit banyak juga dipengaruhi datangnya berbagai model baru yang diluncurkan oleh produsen roda empat. Sebagai strategi, banyak penjual kemudian melakukan penurunan harga di kuartal kedua sebesar 20 persen. "Pertengahan tahun sebenarnya waktu yang tepat membeli mobil bekas karena harganya turun. Disebabkan banyaknya mobil baru," ujarnya menambahkan.

Berdasarkan data di kuartal kedua 2017, iklan-iklan mobil multi purpose vehicle masih mendominasi dengan total presentase 45,2 persen, disusul oleh hatchback dengan 19,1 persen, sedan 16,8 persen dan sport utility vehicle 16,3 persen.

Gak Mungkin Mobil Bekas Ini Paling Laku di Indonesia, Kok Bisa?

"Tingginya minat masyarakat atas MPV baru membuat persentase penjualan segmen MPV di pasar mobil bekas akan cenderung stabil bahkan naik di kisaran 45 persen sampai 50 persen," kata tambah Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Segini Harga Mobil Bekas Toyota Veloz Terbaru

Toyota Veloz belum lama ini mendapat pembaruan yang cukup banyak, mulai dari eksterior hingga interior.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2022