Jumlah Baut Velg Pengaruhi Tenaga Mobil, Mitos atau Fakta?

Velg
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Mobil yang paling laris di Indonesia tentu datang dari kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). Tak heran semua merek menghadirkan mobil-mobil keluarga. Meski sama-sama menyandang status mobil keluarga, namun masing-masing mobil ini punya ciri khas berbeda termasuk di sektor kaki-kaki.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Ya, selain ukuran velg yang berbeda-beda ternyata jumlah bautnya juga berbeda. Untuk velg baut lima ada pada mobil Xpander, Avanza dan Ertiga. Sedangkan Mobilio dan Confero, baut velgnya hanya empat. Lantas apakah jumlah baut ini hanya sebagai ciri khas setiap pabrikan atau memiliki perhitungan masing-masing?

“Baut itu tidak pengaruh ke soal kekuatan, itu pengaruhnya ke tenaga. Biasanya mobil yang memiliki tenaga lebih kecil PCD (Pitch Circle Diameter) jarak lubang baut pasti kecil dan jumlah bautnya sedikit,” ujar Wibowo Santosa, manajer toko ban Permaisuri, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 24 Agustus 2017.

Mitos atau Fakta Konsumsi Obat Lambung Saat Sahur Bikin Puasa Lancar Tanpa Lapar

Hal yang sama juga dilontarkan Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor. Kata dia, fungsi baut roda disesuaikan dengan power mobil. Kata dia, logikanya makin besar power dan beban makin berat, baut velg harus lebih banyak.

“Ada juga asalan estetika, baut lima dipilih agar lebih menarik padahal secara fungsi empat baut juga cukup. PCD pengaruh juga semakin besar semakin kuat di Avanza PCD 100, kalau Innova 114,3 dan baut lima. Lihat truk udah PCD besar bautnya banyak dan besar-besar,” katanya. (one)

Mitos atau Fakta? Guyur Kepala dengan Air Dingin Saat Mandi Bisa Sebabkan Stroke?
Ilustrasi konsumsi permen dan makanan manis berlebih

Mitos atau Fakta: Makan Malam Sebelum Tidur Bikin Gemuk?

Istilah "makan malam membuat gemuk", tentu sudah tidak asing, bukan? Namun benarkah penjelasan tersebut telah terbukti secara ilmiah, atau hanya isu turun temurun semata?

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024