Pajak Sedan Turun, Nissan Segera Boyong Almera ke Indonesia

Nissan Almera
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah lama meminta pemerintah menurunkan pajak sedan. Seperti diberitakan sebelumnya, pajak sedan rencananya akan diturunkan tahun ini sehingga harga sedan lebih terjangkau.

Sempat Tolak Pajak 0 Persen Mobil Baru, Ini Alasan 'Oke' Sri Mulyani

Rencana ini tentu membuat beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) bersiap-siap. Termasuk PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang kabarnya akan segera melakukan studi untuk mendatangkan beberapa line-up sedan andalannya.

Untuk saat ini, Nissan punya Almera sebagai sedan dengan harga murah. Di Thailand sedan entry level ini hadir dalam lima varian yang dibanderol mulai dari 445.000 Thai baht atau setara Rp178,4 juta sampai 637.000 Thai baht atau Rp255,4 juta.

Nissan Punya Kabar Baru Lagi untuk Konsumennya di RI

General Manager Marketing and Strategy NMI, Budi Nur Mukmin, mencoba mengomentari kemungkinan masuknya sedan Almera ke Indonesia. 

“Saya tidak bilang kalau struktur perpajakan di Thailand dan Indonesia bisa klik 100 persen kan enggak tahu. Almera yang dijadikan Eco car di Thailand itu kan mengikuti sistem perjakan di sana,” kata Budi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Beli Nissan Livina Baru Diskonnya Sampai Rp35 Juta, Servisnya Gimana?

Lanjut dia, sebenarnya kemungkinan itu pasti ada, karena semua ATPM (agen tunggal pemegang merek) termasuk Nissan ketika ada wacana perubahan struktur pajak sudah melakukan rapat internal dan memikirkan skenario apa yang bisa mengcounter.

“Jadi kalau struktur pajak sedan akan di revisi pasti kita melakukan studi. Tapi apakah akhirnya Nissan masuk apa enggak itu variable yang menentukan banyak skala ekonomi, potensi pasar segala macam. Ya kita tunggu saja,” katanya.

Sebagai informasi, untuk dapur pacu, kelimanya menggendong mesin tiga silinder 1.198cc, tenaga yang dihasilkan hanya 79 ps (77,9 daya kuda) dan torsi maksimum 106 newton meter. 

Untuk transmisi tidak ada pilihan matik hanya manual saja lima percepatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya