Satu Juta Mobil Jadi Rongsokan dalam Sepekan

Texas dilanda badai Harvey
Sumber :
  • REUTERS/Richard Carson

VIVA.co.id – Angka penjualan mobil di Indonesia berkisar di 900 ribu hingga satu juta unit per tahunnya. Nah, bayangkan bila mobil sebanyak itu tiba-tiba menjadi barang rongsokan dalam waktu satu pekan.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Hal itu yang terjadi di Texas, Amerika Serikat. Dilansir dari Carscoops, Selasa 5 September 2017, badai Harvey yang melanda kawasan tersebut telah menyebabkan puluhan orang tewas dari banjir di berbagai tempat.

Angin berkecepatan lebih dari 200 kilometer per jam yang menerpa kawasan itu pada pekan lalu membuat banyak kerusakan pada rumah penduduk serta fasilitas umum. Usai badai, hujan deras mengakibatkan genangan setinggi lebih dari dua meter merendam Houston dan sekitarnya.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Menurut salah satu pihak asuransi setempat, ada sekitar 20 ribu kendaraan yang rusak akibat badai dan banjir tersebut. Jumlah itu masih ditambah lagi dengan kasus serupa yang terjadi di berbagai wilayah lain di Texas.

Total ada sekitar satu juta kendaraan yang rusak akibat terendam air selama berhari-hari. Jenisnya beragam, mulai dari pikap, sedan hingga mobil sport seperti Ferrari dan Lamborghini.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Namun, saat nanti badai telah berlalu dan penduduk mulai beraktivitas seperti biasa, diprediksi akan ada peningkatan penjualan kendaraan.

"Pada bulan-bulan berikutnya, kita mungkin akan melihat penjualan yang tidak biasa. Saat pemulihan berlangsung dan orang-orang akan membeli kendaraan pengganti," kata Jessica Caldwell, Direktur Eksekutif Analisis Industri di Edmunds. (mus)

Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024