Injak Gas 13 Detik, Mobil Ini Melaju 300 Km/jam

Bugatti Chiron.
Sumber :
  • Bugatti.com

VIVA.co.id – Banyak yang belum mengenal nama Bugatti. Namun, saat bicara soal mobil produksi umum terkencang sejagat, maka nama tersebut saat ini menduduki peringkat pertama.

Terpopuler: Teknologi Canggih di GIICOMVEC 2024, Melihat Supercar Rp3 Miliar BYD

Setelah sukses dengan Veyron, kini Bugatti fokus pada mobil baru mereka, Chiron. Nama Chiron diambil dari nama pembalap paling sukses Bugatti di era 1920an hingga 1930an, Louis Chiron. 

Mobil ini diklaim akan menjadi mobil paling kuat, paling cepat, dan paling mewah yang akan diproduksi untuk umum. Sebelum peluncuran resmi pada 2016 lalu, pabrikan mobil asal Prancis itu sudah menerima pesanan 100 unit.

Sama seperti Veyron, Chiron dibekali mesin 16 silinder 8.000 cc dengan empat turbocharger. Hasilnya, tenaga yang dikeluarkan mesin mencapai 1.479 daya kuda dan torsi 1.600 Newton meter. Angka tersebut membuat mobil ini masuk dalam kategori hypercar.

Melihat Lebih Dekat Supercar Harga Rp3 Miliar Milik BYD

Dilansir dari Carscoops, Rabu 6 September 2017, tenaga sebanyak itu disalurkan ke empat roda melalui transmisi tujuh percepatan dengan kopling ganda.

Akselerasinya bikin geleng-geleng kepala, dari kondisi diam hingga mencapai kecepatan 100 kilometer per jam hanya butuh waktu 2,4 detik.

Terpopuler: Harga Mazda CX-3 Facelift, BYD Luncurkan Supercar Rp1,3 Miliar

Saat diuji oleh Bugatti di sirkuit mereka, mobil ini mampu mencapai kecepatan 300 km per jam dari kondisi diam dalam waktu 13,1 detik saja.

Secara elektronik, kecepatan Chiron dibatasi hingga 420 km per jam. Bukan apa-apa, hingga saat ini, Bugatti belum menemukan ban yang mampu dibawa hingga kecepatan di atas itu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya