Pajak Turun, Harga Sedan Bakal Lebih Murah

Toyota Vios TRD
Sumber :
  • Vivanews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah merekomendasikan skema penurunan tarif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) mobil sedan sebesar 20-40 persen ke pemerintah. Mereka ingin agar pajak sedan berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah setara dengan mobil keluarga, yakni sebesar 10 persen.

Daftar Harga Mobil Sedan di Indonesia, Enggak Ada yang Murah

Menurut Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, apabila pajak sedan bisa disamakan dengan kelas multi purpose vehicle (MPV), maka para produsen mobil yang ada di Tanah Air bisa menghadirkan sedan untuk dipasarkan di luar negeri.

"Penurunan pajak ini kan untuk menstimulasi penjualan sedan di Indonesia yang ke depannya ada harapan untuk industri ekspor juga. Kita kan inginnya industri lokal terbentuk dan kuat, jadi bukan cuma men-support domestik market tapi juga ekspor," kata Henry Tanoto ditemui di Jakarta.

Honda Siap Turunkan Harga Civic Turbo

Selain itu, Henry juga menjelaskan, bila pajak menurun, secara teori penjualan sedan bisa meningkat, karena harga dapat bersaing dengan segmen lainnya, seperti SUV dan MPV. 

"Tapi seberapa jauh (kenaikan penjualan) masih dilihat lebih lanjut, karena memang segmen sedan selain harga juga tentang market merespons, seperti kondisi jalan. Sekarang masih kuat di seven seater SUV dan MPV, masih kita pelajari lebih jauh," ujarnya. (ase)

Penjualan Sedan Makin Drop
Pertumbuhan Sektor Ekonomi Digital Indonesia. Sri Mulyani. Tokopedia

Sempat Tolak Pajak 0 Persen Mobil Baru, Ini Alasan 'Oke' Sri Mulyani

Sempat menolak memberikan relaksasi pajak mobil baru, Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali beberkan alasannya.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2021