KIA Picanto Diuji Tabrak, Hasilnya?

Uji tabrak KIA Picanto.
Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA, memiliki mobil yang belum lama ini menyandang status all new, yakni Picanto. Untuk mengetes keamanan mobil tersebut, Euro NCAP kemudian melakukan uji tabrak.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Hasilnya Picanto diganjar bintang tiga. Euro NCAP memberi nilai 79 persen jika mengacu pada perlindungan penumpang dewasa. Generasi terbaru Kia Picanto itu disebut berhasil mencegah dada pengemudi saat terjadi benturan keras.

Tidak hanya mampu melindungi pengemudi dan penumpang di bagian depan, mobil asal negeri ginseng tersebut mampu menjaga penghuni jok baris kedua berkat barrier yang dibuat rigid pada bagian depan kendaraan. Demikian seperti dilansir Autoevolution, Senin 11 September 2017.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Namun ada masalah pada perlindungan untuk penumpang anak-anak. Sebab Euro NCAP hanya memberi nilai perlindungan 69 persen. Sebabnya untuk anak berusia 10 tahun akan terdapat ketegangan pada leher saat mobil mengalami benturan. Sementara untuk anak berusia enam tahun, apabila mobil ini mengalami kecelakaan, akan memberikan luka serius pada bagian dada.

Kondisi ini diperparah kursi belakang yang tidak mampu mengakomodir keselamatan anak, dan menggunakan sabuk pengaman di tengah.

Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Tebak Berapa Nilainya

Saat pengujian, mobil dipacu dalam kecepatan 64 kilometer per jam. Dalam skenario ini, dada anak cenderung mengalami cedera, itulah sebabnya mengapa Euro NCAP memberi nilai buruk pada Picanto untuk perlindungan anak.

Uji tabrak Chevrolet Enjoy.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Uji tabrak mobil baru merupakan proses penting dalam memastikan keamanan kendaraan bagi pengemudi dan penumpangnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024