Sebenarnya Apa Parameter LCGC Jilid II, Cuma Lebih Irit?

Suzuki Karimun Wagon R, LCGC dari Suzuki.
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar (KBH2) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Low Cost Green Car (LCGC) akan berlanjut. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berencana membuat program LCGC jilid dua.

Suzuki Siapkan Mobil Baru Pengganti Karimun, Demi Saingi Brio?

Program ini berbeda dengan program lain yang juga tengah digarap pemerintah, Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) atau kendaraan rendah emisi. 

LCGC jilid dua bakal ditawarkan sebagai mobil yang jauh lebih irit dari LCGC tahap pertama. Apabila dalam aturan LCGC, kendaraan wajib mendapat efisiensi bahan bakar 20 kilometer per liter, di program LCGC jilid kedua akan lebih dari itu.

10 Mobil yang Berpotensi Jadi Mobil Rakyat Versi Kemenperin

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales, Divisi roda empat, Donny Saputra mengaku belum ada sosialisasi dari Kementerian Perindustrian terkait hal ini.

"Kami belum mendapatkan sosialisasi pembahasan-pembahasan terkait hal ini (LCGC jilid II), karena dari beberapa berita yang saya baca itu mereka masih membahas struktur PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah)," katanya kepada VIVA.co.id

Gak Nyangka, Ini Keuntungan Beli Mobil Suzuki Jelang Akhir Tahun

Meski demikian, Donny mengaku pihaknya akan terus mendukung kebijakan-kebijakan yang akan dibangun pemerintah, termasuk LCGC jilid II.

"Sebetulnya kalau bicara LCGC jilid II, kita harus melihat apakah memang menjadi kendaraan hemat bahan bakar yang terjangkau atau punya parameter lain. Jadi selama kami belum mendapat sosialisasi secara detail, kami masih menunggu, karena kami perlu studi lebih lanjut. Pokoknya kami siap membantu program pemerintah," ujarnya. (mus)

Kaki-kaki mobil

Jangan Anggap Sepele, Pentingnya Cek Kaki-Kaki Mobil

Pemilik mobil tentu akan merasa tenang jika mobil yang digunakan dalam keadaan sehat, baik mesin maupun pada bagian kaki-kaki mobil

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2022