Jas Hujan Kelelawar Berbahaya, Jangan Dipakai

Jas hujan ponco.
Sumber :
  • Bukalapak

VIVA.co.id – Musim hujan yang sudah di depan mata, membuat pengendara sepeda motor wajib membekali diri dengan pakaian khusus yang dapat melindungi mereka dari guyuran air hujan. Untuk itu, jas hujan tentu penting untuk dimiliki bagi para pengendara sepeda motor. Terlebih padatnya aktivitas masyarakat di kota-kota besar.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Saat ini terdapat berbagai jenis jas hujan, mulai dari model setelan atas-bawah, sampai jas hujan terusan yang dapat digunakan oleh pengendara dan orang yang di belakangnya atau model kelelawar alias ponco. Lalu jas hujan seperti apa yang aman untuk pengendara sepeda motor?

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan, jas hujan yang aman untuk pengendara sepeda motor adalah jas hujan yang tidak mengganggu pengendara saat memacu kendaraannya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Memang jas hujan yang ideal itu tidak menghambat gerak pengendara. Jas hujan yang terdiri dari bagian celana dan bagian jaket bisa merupakan pilihan yang tepat,” kata Jusri saat dihubungi VIVA.co.id.

Selain itu, Jusri juga mengimbau seluruh pengendara sepeda motor untuk memilih warna terang agar dapat terlihat saat hujan deras. Hal ini untuk menghindari adanya kecelakaan karena jarak pandang saat hujan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Upayakan jas hujan yang digunakan memiliki warna cerah. Kalaupun menggunakan warna hitam, pastikan jas hujan ada scotlight. Jangan gunakan jas hujan terusan, karena bisa tersangkut pada ban motor yang berputar, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan." (mus) 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022