Gagahnya P6-ATAV, Mobil Tempur Kopassus Buatan Tangerang

P6-ATAV, kendaraan taktis buatan Tangerang.
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Kebecusan Indonesia dalam membuat kendaraan memang tengah menjadi perbincangan hangat. Salah satu yang sempat menarik perhatian adalah kemampuan anak bangsa untuk membuat kendaraan militer.

Kepala Staf TNI AU Datangi Kantor Prabowo, Jadi Beli Jet Tempur Baru?

Contoh nyata kendaraan militer buatan dalam negeri adalah P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan taktis ini dikerjakan di bawah arahan perusahaan swasta dalam negeri bernama PT Sentra Surya Ekajaya. PT SSE sendiri bermarkas di Tangerang, Banten.

Nama P6-ATAV sempat menjadi perbincangan hangat setelah turut serta dalam upcara hari ulang tahun TNI Ke-72, 5 Oktober 2017 lalu. Bahkan, Rantis ini juga sempat mengantarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan inspeksi pasukan dalam acara HUT TNI tersebut.

Asli Buatan Indonesia, Ini Penampakan Radar Canggih Armed TNI

Lantas, apa spesialnya P6-ATAV sebagai kendaraan militer asli dalam negeri? Dari penulusuran VIVA.co.id, P6-ATAV memiliki dimensi lebar dengan tidak menggunakan pintu untuk akses masuk dan ke luar kabin. Tampilan luarnya terlihat gagah dengan kombinasi rangka tubular dan bahan bodi yang dibuat khusus.

Baca juga: Mobil Roket TNI yang Mematikan, Bisa Hancurkan Target 300 Km

Prabowo Luncurkan Kapal Cepat Rudal, DPR: Sangat Bermanfaat di Natuna

Rantis P6-ATAV memiliki dimensi panjang 4,6 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 1,5 meter. Bobotnya hanya sekira dua ton, sehingga membuatnya mudah untuk diangkut ke medan perang.

P6-ATAV, kendaraan taktis buatan Tangerang.

Memiliki DNA sebagai mobil milter, P6-ATAV memiliki bodi yang tahan untuk terjangan peluru. Untuk menyerang, mobil ini juga dilengkapi dengan dudukan senjata meliputi upper gun mounting dan side gun mounting

Jantung penggeraknya berasal dari mesin turbo diesel empat silinder berkapasitas 2.300cc yang memiliki tenaga 142 horse power pada putaran mesin 3.400 RPM. Mesin dikombinasikan dengan transmisi otomatis, dan membuat mobil ini mampu meluncur dalam kecepatan maksimum 120 kilometer per jam. 

Mobil militer ini juga dirancang untuk memiliki kemampuan untuk berjalan di trek nonaspal (off orad). P6-ATAV memiliki tangki bahan bakar dengan volume total 120 liter, saat terisi penuh, P6-ATAV mampu bergerak sejauh 500 km. Kini P6-ATAV dipakai sebagai salah satu andalan pasukan elite TNI AD Kopassus. Selain Kopassus, juga digunakan beberapa satuan TNI, seperti Detasemen Bravo (Satbravo 90) Paskhas TNI AU. (hd)

Baca juga: Panser Anoa, Kendaraan Andalan TNI untuk Perang Kota

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya