Pengganti Avanza-Xenia Mejeng di Tokyo Motor Show

Mobil konsep Daihatsu DN Multisix
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA – Daihatsu Motor Co. Ltd menampilkan lima mobil masa depannya di ajang Tokyo Motor Show 2017. Satu di antaranya adalah mobil yang digadang-gadang sebagai pengganti Avanza-Xenia.

Penjualan Mobil Ini Naik 300 Persen di Indonesia

DN Multisix sebenarnya sudah dipamerkan di Gaikindo International Autoshow Jakarta, Agustus lalu.

"Selama ini Daihatsu fokus pada kei car, tapi keinginan pasar membuat Daihatsu mengembangkan mobil compact," kata Presiden Daihatsu Motor Company Ltd, Souchiro Okudaira, saat pembukaan booth Daihatsu di Tokyo Motor Show, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2017.

Harga Daihatsu Xenia Baru per Januari 2022, Termurah Rp212,2 Juta

Selama ini Daihatsu di Jepang memang hanya memproduksi mobil mini dengan kapasitas mesin tak lebih dari 650cc. Namun di sejumlah negara berkembang, termasuk Indonesia, kei car tak begitu laku. Alhasil Daihatsu hanya menjual compact car dengan mesin di atas 650cc.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengaku sangat bangga Jepang mau memamerkan mobil yang debutnya sudah dilakukan di Jakarta. "Kami merasa terhormat," katanya.

Penjualan Daihatsu Xenia Naik 2 Kali Lipat di November 2021

Dari wujudnya, sudah tergambar jelas jika DN Multisix mengusung genre Multi Purpose Vehicle. Tak heran bila mobil ini digadang-gadang bakal menjadi generasi penerus mobil sejuta umat, Avanza-Xenia. Meskipun pada versi konsepnya lebih terlihat elegan dari keduanya, termasuk pintu pilar B yang terbuka secara terbalik. Namun tentu versi produksi mungkin pintunya tidak demikian.

Daihatsu DN Multisix konsep memiliki dimensi panjang 4.310 milimeter, lebar 1.720 mm dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya sekira 2.620 mm. Tetapi kapasitas penumpangnya lebih sedikit dari Avanza-Xenia saat ini, hanya enam orang.

Pada bagian belakang DN Multisix konsep mendapat lampu ekor ramping beserta spoiler belakang yang tajam seperti elemen tepat di bawah kaca depan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya