Setnov Kecelakaan, Toyota Dimintai Keterangan soal Airbag

Mobil Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto saat mengalami kecelakaan tunggal pada Kamis petang, 16 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Meyel

VIVA – PT Toyota Astra Motor sudah dimintai keterangan terkait kasus kecelakaan Setya Novanto beberapa waktu lalu. Kepolisian butuh keterangan dari TAM, karena saat itu Novanto menumpangi mobil Toyota Fortuner.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Executive General Manager TAM,  Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan, keterangan yang diminta berupa data teknis Sport Utility Vehicle tersebut.

"Kami memang sudah diminta data provider, dalam hal ini dari sisi kendaraan. Kami sudah berikan datanya ke TAA, Traffic Accident Analysis dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas)," kata Soerjo di Jakarta.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Meski demikian, ia enggan berkomentar lebih jauh soal penyebab kecelakaan dan kondisi mobil saat kejadian.

"Yang berhak memberikan komentar tentang kasus ini ya dari Ditlantas. Karena, dari data itu, dia (Tim Ditlantas) bisa menyimpulkan. Jadi bukan dari data kami aja, ada data lainnya, dari olah TKP dan lain-lain," kata dia.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Soerjo menjelaskan, TAM sebagai agen pemegang merek (APM) mobil Toyota di Indonesia akan membantu dalam bentuk pemberian informasi teknis, jika ada kecelakaan yang melibatkan mobil Toyota yang dipasarkan di Tanah Air.

Terkait kasus kecelakaan Novanto, kata Soerjo, pihaknya sudah memberi informasi dengan jelas, mulai dari detail produk Toyota Fortuner sampai kondisi jika mobil mengalami kecelakaan.

"Kami cuma ditanya saja, dan TAM kan bukan tempat pengaduan kecelakaan. Ya kami dari hal teknis, mulai dari bagaimana kalau mobil kecelakaan, kemudian airbag-nya, cara kerja airbag-nya dan pertanyaan teknis mobil,” tuturnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya