Menperin Setuju Pajak Mobil Sedan Diturunkan

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat test drive Nissan Note e-Power.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Pemerintah mendorong para produsen kendaraan roda empat untuk memproduksi mobil sedan. Hal ini menyusul banyaknya permintaan mobil sedan di luar negeri.

MK Nyatakan Airlangga dan Zulhas Tak Langgar Kampanye Pilpres 2024

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya telah meminta kepada Kementerian Keuangan untuk menurunkan pajak penjualan atas barang mewah atau PPnBM mobil sedan. 

"Kalau PPnBM mobil sedan turun, produksi sedan di Indonesia akan meningkat. Ekspor akan meningkat, karena permintaan ekspor sedan itu tinggi sekali," kata Airlangga di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 27 November 2017.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Namun, kata dia, sejauh ini belum ada keputusan resmi dari Kementerian Keuangan atas usulan penurunan pajak mobil sedan. Ia melanjutkan, hal tersebut masih dalam pembahasan antar kementerian.

"Iya masih dibahas. Mobil sedan ini (struktur pajak) juga merupakan bagian dari LCEV (low carbon emission vehicle)," ujarnya.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Ia optimistis produsen kendaraan roda empat di Indonesia siap untuk memproduksi mobil sedan. Akan tetapi, sampai saat ini pemerintah belum membahas jumlah produksi mobil sedan terhadap para pelaku industri otomotif tersebut.

"Hampir semua pemegang merek siap, dan semua pemegang merek punya model. Jadi, tinggal dorong saja dengan regulasi baru," tuturnya.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Airlangga Pede Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh di Atas 5 Persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis ekonomi RI pada kuartal I-2024 akan tumbuh di atas 5 persen.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024