Sokon Tak Jadi Luncurkan MPV, Gara-gara Wuling?

Pabrik DFSK di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Secara global, tren mobil Sport Utility Vehicle sedang meningkat. Namun di Indonesia, mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang lebih diminati.

Ada yang Baru dari Mobil Rp150 Jutaan Ini

Hal itu yang mendasari Wuling Motors untuk menghadirkan Confero S di Tanah Air. Meski persaingannya sangat ketat, namun mereka yakin produk yang ditawarkan cukup banyak peminatnya.

Selain Wuling, ternyata PT Sokoindo Automobile juga punya mobil multi purpose vehicle atau MPV. Hal ini diketahui dari data yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

Banyak Fitur Keren, Harga Mobil Ini Mulai Rp160 Jutaan

Anehnya, produk pertama yang jadi andalan Sokon di Indonesia justru SUV, yakni DFSK Glory 580. Mobil ini diproduksi di pabrik baru mereka yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten. Lantas, mengapa bukan MPV yang diluncurkan pertama kali?

"Dari awal sudah produksi MPV di sini. Tapi kelihatannya, dari hitung-hitungan pasarnya kami tahan dulu. Kami juga ada mesin pikap, tapi ditahan dulu juga, karena melihat pasar," ujar Chief Executive Officer PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus, di Serang, Banten.

Menurutnya, Sokonindo harus hati-hati dalam menyajikan produk pertama yang akan bermain di kelas mobil keluarga.

"Kan kami pemain baru, makanya harus sangat hati-hati terhadap produksi pasar. Harus kami hitung, jangan sampai konsumen kecewa. Untuk sementara, SUV dulu. Kami terus mempelajari perkembangan pasar,” tuturnya.

Direktur Pemasaran Sokonindo Automobile, Franz Wang, mengatakan, baik Sokonindo maupun Wuling sama-sama terkenal di China. Terkait kehadiran dua merek ini di Tanah Air, Franz memastikan bahwa tidak ada perjanjian apa-apa antara Wuling dan Sokonindo. (ren)

Sidang Gugatan Pemilik mobil DFSK Glory 580, Masuk Tahap Mediasi
New Wuling Confero S

Kisah Mobil Wuling Terlaris Sedunia di Indonesia

Mobil pertama Wuling yang dipasarkan di Indonesia tersebut, dijual dengan harga mulai dari Rp150 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2021