Airbag Bekas Tabrakan Bisa Diperbaiki Tidak?

Kantung udara (airbag).
Sumber :
  • Amazine

VIVA – Kantung udara, atau airbag, kini menjadi fitur standar di hampir semua mobil keluaran baru. Sebab, komponen ini berfungsi vital untuk mengurangi risiko benturan saat mobil tabrakan.

Agar Tetap Selamat Pemilik Mercedes-Benz di RI Segera ke Bengkel

Balon udara tersebut disetting sedemikian rupa untuk mengembang dari dalam setir dan dasbor, saat mobil menabrak. Setelah mengembang dengan cepat, maka dalam hitungan detik pula balon akan kembali kempis dan menyisakan kantung berwarna putih.

Yang menjadi pertanyaan, bisakah airbag diperbaiki setelah mobil mengalami kecelakaan? Dionrangga, pemilik bengkel Dionrangga Spec Rare Item mengatakan, fitur ini bisa kembali diperbaiki, meski mobil pernah mengalami kecelakaan.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

"Bisa direparasi. Walaupun mobil kecelakaan sampai bikin airbag meledak, bisa dirapihkan lagi," kata dia, saat ditemui VIVA di markasnya di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Untuk merapihkan airbag, kata dia, bukan pekerjaan mudah. Dia bersama timnya harus melihat kondisi mobil, kemudian melihat skema komponen airbag yang ada pada mobil tersebut.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

“Kami harus cek dulu semua komponennya. Airbag ini satu kesatuan, saat dia sudah meledak otomatis komponennya semua berfungsi. Nah, kalau direparasi, ya diganti satu set," kata dia.

Dion menambahkan, untuk memperbaiki airbag mobil harus lebih dulu dan diperiksa. “LIhat sensornya di sebelah mana, kemudian kondisi setir dan dasbornya, sembari menyiapkan perangkat penggantiannya," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022