Berapa Besar Biaya Perbaiki Airbag di Mobil Bekas Tabrakan?

Komponen airbag mobil
Sumber :
  • REUTERS/Joe Skipper

VIVA – Pemilik mobil yang airbagnya pernah mengembang karena tabrakan tak perlu khawatir. Sebab, komponen penting untuk keselamatan ini rupanya bisa direparasi atau diperbaiki. Dengan kata lain, airbag mobil bekas tabrakan bisa dikembalikan ke posisi semula.

Agar Tetap Selamat Pemilik Mercedes-Benz di RI Segera ke Bengkel

Pemilik bengkel mobil Dionrangga Spec.Rare Item, Dionrangga, mengungkapkan airbag yang pernah berfungsi normal kemudian direparasi memang membutuhkan biaya yang tak sedikit.

"Untuk yang dual airbag, artinya airbag ada di setir di kanan dan di dasbor kiri namun posisinya terpisah, pemilik dikenakan biaya kurang lebih Rp9,5 juta," kata dia kepada VIVA, Rabu 29 November 2017.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Untuk airbag yang menyatu di bagian dasbor secara menyeluruh, kata dia, dikenakan biaya yang lebih tinggi, yakni di kisaran Rp12,5 juta. Hal ini lantaran dasbor mobil harus dibongkar total untuk memasukan kembali kantung udara untuk keselamatan tersebut.

Pria yang juga menjual komponen-komponen mobil copotan tersebut mengatakan, budget tinggi tersebut lantaran untuk proses perbaikan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari balon udaranya, sensor airbag, hingga modul yang menjadi otak agar airbag bisa mengembang.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Agar lebih pasti, kata dia, disarankan pemilik mobil untuk datang ke bengkelnya di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat untuk dilakukan pengecekan unit terlebih dahulu.

"Jadi itu harga estimasi, biasanya sekitar segitu. Tapi lihat kondisi terakhir pada komponen airbagnya dulu," ujar dia. (ren)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022